10:02 - Jumat, 18 April 2014
Muhammad Rasyid Ridho

Ensiklopedia Fenomena Alam Dalam Al-Qur’an

Rubrik: Resensi Buku | Oleh: Muhammad Rasyid Ridho - 21/01/13 | 12:30 | 08 Rabbi al-Awwal 1434 H

Judul Buku: Ensiklopedia Fenomena Alam Dalam Al-Quran

Penulis: Muh. Ma’rufin Sudibyo

Penerbit: Tinta Medina, Solo

Cetakan: Pertama, Maret 2012

Tebal: 466 Halaman

 

Menguak Fenomena Ayat-Ayat Kauniyah

Cover buku "Ensiklopedia Fenomena Alam Dalam Al-Qur'an".

Cover buku “Ensiklopedia Fenomena Alam Dalam Al-Qur’an”.

         dakwatuna.com - Dalam Surat At-Taghabun ayat pertama Allah menjelaskan pada manusia, bahwa apa yang ada di muka bumi ini senantiasa bertasbih kepada-Nya, karena semua kerajaan adalah milik-Nya, maka segala puji pun hanya bagi-Nya. Dan Allah pun menyatakan DiriNya Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Maka, apa yang terjadi di muka bumi ini adalah atas kuasa-Nya. Tak ada kejadian dan fenomena yang kita dapatkan di dalam kehidupan ini kecuali karena Allah yang berkehendak. Misal gunung meletus, yang akan mematikan banyak hewan serta manusia. Itu menandakan bahwasanya dunia ini tidak kekal dan hanya Allahlah yang kekal dan mampu berbuat apa yang Dia inginkan. Hanya dengan Kun! Fayakun. (Jadilah! maka terjadilah) begitu redaksinya dalam Al-Qur’an.

Buku karya Alumni Fakultas Teknik UGM, ini berusaha menguak rahasia ayat-ayat kauniyah yang kemudian diserasikan dengan ayat-ayat qauliyah. Penulis menghimpun dan menganalisis fenomena-fenomena alam semesta dikombinasikan dengan ayat-ayat Al-Qur’an. Ditambah lagi dengan kesaksian para ilmuwan baik dari barat atau timur, yang akan semakin menguatkan argument tentang keMahaBesaran Allah yang tak terbantahkan.

Buku ini terdiri dari 11 Bab. Bab Pertama menjelaskan tentang Benua. Bab kedua tentang Samudra. Bab ketiga tentang Udara. Bab keempat tentang Gempa Bumi. Bab kelima tentang Gunung Meletus. Bab keenam tentang Matahari. Bab ketujuh tentang Bulan. Bab kedelapan tentang Bintang Kembara. Bab kesembilan tentang Bintang Berekor. Bab kesepuluh tentang Bintang Jatuh dan bab terakhir membahas tentang Bintang.

Penulis mempunyai keinginan, buku ini menjadi salah satu buku yang mengisi kekosongan karya ilmiah atau buku yang menghiasi jagad keilmuan, dari ilmuwan muslim yang saat ini sangat jarang ditemukan. Yang membedakan adalah buku ini pun menyandingkan kitab suci umat Islam sebagai penguat, bahwa A-Qur’an itu benar-benar Kalamullah dan Allah adalah pencipta alam semesta ini.

Teruntuk pembaca, harapannya semoga buku ini menambah ilmu dan semakin menguatkan keimanan sebagai muslim yang taat. Buku ini layak Anda baca, guna meningkatkan keimanan kita, semoga!

Muhammad Rasyid Ridho

Tentang Muhammad Rasyid Ridho

Aktivis Forum Lingkar Pena Malang Raya dan Journalistic Club Ikom UMM, Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UMM. [Profil Selengkapnya]

Redaktur: Lurita Putri Permatasari

Topik:

Keyword: , , , , , , , , , , , , , , , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (3 orang menilai, rata-rata: 7,33 dalam skala 10)
Loading ... Loading ...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
  • marini ariesta

    harganya berapa?
    dimana bisa di beli?

Iklan negatif? Laporkan!
85 queries in 1,074 seconds.