Home / Berita / Internasional / Asia / Turki Desak Palestina Bersatu

Turki Desak Palestina Bersatu

Ilustrasi. (inet)
Ilustrasi. (inet)

dakwatuna.com – Gaza. Turki telah mendesak faksi-faksi Palestina yang berseteru untuk berdamai dan mengakhiri perpecahan internal mereka, kata sumber Palestina, Kamis. Persoalan pokok Palestina adalah persatuan dan kesatuan negara itu.

Sumber dari Hamas itu, mengatakan, Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan, menelepon Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, dan Pemimpin Hamas, Khaled Meshaal, secara terpisah pada Rabu malam.

Selama pembicaraan berlangsung, Erdogan berjanji kepada kedua pemimpin Palestina, mendukung pemerintah persatuan Palestina mendatang baik keuangan dan politik.

Erdogan mendesak dua orang itu untuk mengakhiri perpecahan lima tahun politik antara Hamas-Jalur Gaza yang dikuasai dan diperintah-Fatah di Tepi Barat. “Karena ini meningkatkan posisi Palestina di depan masyarakat internasional,” kata sumber itu.

Keterlibatan Turki terjadi saat para pejabat dari partai Abbas, Fatah akan bertemu dengan anggota senior gerakan Hamas di ibu kota Mesir Kairo pada Kamis.

Pertemuan Kamis, tambahan bagi KTT minggu lalu antara Abbas dan Mashaal, untuk melihat para pejabat di kedua pihak berupaya menyepakati jadwal untuk menerapkan pemahaman baru mengenai rekonsiliasi nasional.

Jika peserta rapat menyepakati jadwal pada Kamis, Mesir akan mengundang semua faksi Palestina untuk menyatakan hasil diskusi, menurut sumber tersebut.

Pembicaraan rekonsiliasi Palestina mengenai masalah internal dilanjutkan November lalu, setelah berakhirnya konflik delapan hari antara Israel dan kelompok gerilyawan Palestina di Jalur Gaza dan peningkatan status Palestina ke pengamat non-anggota oleh PBB.

Hamas menuntut agar rekonsiliasi diimplementasikan dalam satu paket. Sumber-sumber mengatakan bahwa tekanan Mesir pada gerakan Islam mengakibatkan memungkinkan Komisi Pemilihan Umum Pusat untuk memulai memperbarui pendaftaran pemilih di Gaza. (H-AK/Ade Marboen/Ant)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (6 votes, average: 9,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • abdullah al hadid

    bener2 bagus yang disaranin PM Turki itu tegakkan khilafah Islam di muka bumi sebagai tanda kesetiaan pada Allah SWT dan rasul-NYA Muhammad sallallahu alaihi wasallam

Lihat Juga

Sebelum Lengser, Obama Diminta Mantan Presiden AS Ini Akui Negara Palestina