Home / Berita / Daerah / Wakil Walikota Jaktim: Kornet Superqurban Terbosan Cerdas untuk Korban Banjir

Wakil Walikota Jaktim: Kornet Superqurban Terbosan Cerdas untuk Korban Banjir

Penyerahan Bantuan Kornet Superqurban kepada Warga Petogogan Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Kamis. (Dok. Rumah Zakat)
Penyerahan Bantuan Kornet Superqurban kepada Warga Petogogan Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Kamis. (Dok. Rumah Zakat)

dakwatuna.com Memasuki hari kedua aksi “Banjir Datang Kita Peduli”, Rumah Zakat terus menyalurkan berbagai bantuan untuk meringankan para korban dalam menghadapi musibah ini. Dari data yang dihimpun hingga Kamis (17/1) sore ini Rumah Zakat telah menyalurkan total 2.200 paket kornet Superqurban dan 860 paket Siaga Gizi. Selain itu Rumah Zakat juga memberikan layanan kesehatan gratis kepada 282 warga.

Ditemui saat menyaksikan Aksi Siaga Sehat Rumah Zakat di SDN Kebon Manggis, Jakarta Timur, Wakil Walikota Jakarta Timur, Husein Murad, mengapresiasi bantuan yang disalurkan Rumah Zakat. “Kornet Superqurban itu bagus sekali, suatu terobosan yang sangat cerdas untuk mencukupi gizi para korban banjir. Jangan hanya di waktu kurban kita kebanjiran daging tapi di saat banjir kita kekurangan. Ini harus dicontoh oleh lembaga-lembaga lain,” kata Husein yang datang didampingi Camat Matraman Zainul Arifin dan Lurah Kebon Manggis Ari Sonjaya.

Mewakili pemerintah, Wakil Walikota mengucapkan terima kasih kepada para donatur Rumah Zakat. “Atas nama Walikota Jakarta Timur saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur Rumah Zakat yang telah menyalurkan bantuan kepada warga Jakarta Timur dan umumnya warga Jakarta yang menjadi korban banjir,” ujarnya.

Ia mengimbau agar ke depan hal-hal semacam itu terus dilakukan bersama-sama antara lembaga sosial dengan pemerintah untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah. Sementara itu menurut Lurah Kebon Manggis, Ari Sonjaya, saat ini ada sekitar 1.600 warga atau 500 KK di RW 03 dan 04 di kelurahannya yang mengungsi akibat luapan sungai Ciliwung.

“Bantuan pengobatan gratis bagi warga kami di sini sangat bermanfaat, karena mereka banyak yang terserang penyakit akibat banjir.  Semoga bisa meringankan beban para korban dan dapat membantu masyarakat pada umumnya,” kata Lurah Kebon Manggis.

Untuk diketahui, sejak Rabu (16/1) Rumah Zakat telah menerjunkan tim relawan baik rescue maupun kesehatan untuk membantu warga. Hari ini Rumah mengerahkan 1 tim rescue lengkap dengan 1 rescue car dan 1 unit perahu ke Rawa Buaya untuk evakuasi 200 jiwa.

Selain itu Rumah  Zakat juga menurunkan 3 mobil ambulance plus 1 tim kesehatan komplit. Sementara itu paket Superqurban dan Siaga Gizi disalurkan di sejumlah titik dari Kampung Melayu, Bukit Duri, Petotogan, hingga Manggarai. Selain itu juga menyalurkan 399 paket makan siang di wilayah Kebon Pala.

Adapun Posko Rumah Zakat saat ini berada di sebelah RS. Hermina Jatinegara, dekat dengan Posko BNPB. “Masyarakat yang membutuhkan bantuan silakan menghubungi posko kami terdekat untuk mendapatkan layanan kesehatan,” kata Kordinator Lapangan Relawan Rumah Zakat Pras Purworo.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Pauline Hanson dalam pidatonya yang bernada Islamofobia di Parlemen Australia, Rabu (14/9/2016). (abc.net.au)

(Video) Seorang Anggota Parlemen Australia: Kita Dalam Bahaya Dibanjiri Muslim