Home / Berita / Daerah / PKPU Sediakan Dapur Air di Delapan Titik Banjir Jakarta

PKPU Sediakan Dapur Air di Delapan Titik Banjir Jakarta

Relawan Rescue PKPU bersama warga masyarakat bahu membahu distribusikan bantuan untuk korban banjir Jakarta. (twitter.com/PKPU)
Relawan Rescue PKPU bersama warga masyarakat bahu membahu distribusikan bantuan untuk korban banjir Jakarta. (twitter.com/PKPU)

dakwatuna.comInformasi dari Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Kamis (17/1/2013) menyatakan tentang update ketinggian rata-rata muka sungai di beberapa wilayah Jakarta dan sekitarnya per pukul 09.00 WIB

Karet 730cm (siaga I), Pulogadung 710cm (siaga II), Pasar Ikan 180cm (siaga II), Katulampa 100cm (siaga III), Depok 230cm (siaga III), Angke Hulu 115cm (siaga IV), Pesanggrahan 135cm (siaga IV), Krukut Hulu 150cm (siaga IV), Cipinang Hulu 130cm (siaga IV), Sunter Hulu 90cm (siaga IV).

Bahkan ketinggian muka air Sungai Ciliwung di daerah Manggarai mencapai 1.020cm pada pukul 09.00 WIB tersebut. Ketinggian ini melebihi ketinggian maksimum untuk siaga I, yakni 950cm. Hal ini berarti banjir akan senantiasa meluas ke daerah-daerah lain di wilayah Jakarta.

Merespon kondisi tersebut, Tim Rescue PKPU telah mengaktifkan delapan buah POSKO BESAR serta posko-posko lainnya yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta. Diantara Posko Besar itu adalah sebagai berikut:

  1. Area Jakarta Timur (Ulujami, Bidara Cina, Kampung Melayu)
  2. Area Jakarta Barat (Grogol dan Rawa Buaya)
  3. Area Jakarta Pusat (Karet Tengsin)
  4. Area Jakarta Utara (Muara Baru)
  5. Bekasi

Untuk masing-masing Posko Besar tersebut, Tim Rescue PKPU menyediakan Dapur Air yang selalu standby menyediakan air gratis, makanan bayi, pampers bayi, susu balita, pembalut, bubur kacang hijau, makanan ringan. Jika ada bantuan dari pihak luar, biasanya juga akan dibagikan makanan saip saji untuk korban yang mengungsi.

Selain itu, Tim Rescue PKPU juga telah menurunkan armada berupa perahu motor, perahu karet, mobil rescue, mobil landrover, puluhan pelampung, dayung, tenda untuk pengungsi, genset serta peralatan banjir lainnya untuk membantu warga yang terkena banjir.

Hingga saat ini, lokasi-lokasi darurat yang membutuhkan bantuan kepedulian dan uluran tangan semakin bertambah, sedangkan kapasitas SDM dan dana terbatas. Karena itu, PKPU menghimbau dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut bergabung dalam “Indonesia Peduli” yang digulirkan PKPU.

Mari bantu mereka dengan mengirimkan donasi melalui rekening. Rekening PKPU untuk korban banjir, Bank Mandiri Cabang Pasar Minggu 126.000.2070.114, Bank Muamalat Indonesia Cabang Sudirman 301.00354.15 a/n PKPU. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi M. Kaimuddin, Manajer DRM PKPU, Hp. 08123098025. (PKPU/Joko Setiawan/Acep/Jakarta)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

rohingya-1b

Let’s Help Rohingnya: Wujudkan Kepedulian Demi Kemanusiaan