Home / Berita / Nasional / Kemal Stamboel: Pembatasan BBM Bersubsidi untuk Kendaraan Pribadi Adalah Pilihan yang Paling Memungkinkan

Kemal Stamboel: Pembatasan BBM Bersubsidi untuk Kendaraan Pribadi Adalah Pilihan yang Paling Memungkinkan

Kemal Azis Stamboel. (Antara)
Kemal Azis Stamboel. (Antara)

dakwatuna.com – Jakarta. Anggota Komisi XI DPR RI Kemal Azis Stamboel mendukung rencana Kementerian ESDM untuk membatasi konsumsi BBM bersubsidi bagi kendaraan pribadi.

”Ini langkah yang tepat dan kita tunggu-tunggu. Laju konsumsi BBM bersubsidi terus meningkat. Saya khawatir, tanpa ada kebijakan pembatasan yang tegas dan mengikat bagi kendaraan-kendaraan pribadi, akan menyebabkan kuota BBM bersubsidi sebesar 46 juta kilo liter itu akan terlampaui,” jelas Kemal di Jakarta, Rabu (16/1)

Untuk saat ini, kebijakan pembatasan konsumsi BBM bersubsidi untuk kendaraan pribadi adalah opsi yang paling memungkinkan untuk mengendalikan konsumsi BBM bersubsidi yang jumlahnya terus meningkat.

”Ini pilihan yang paling memungkinkan, baik secara teknis-operasional maupun secara politik-ekonomi dibandingkan menaikkan harga. Opsi menaikkan harga itu memang bisa menjadi pilihan yang mungkin bisa diambil, tapi pemerintah harus memahami bahwa pilihan itu cukup berisiko baik secara politik, sosial dan ekonomi,” kata Politisi PKS ini.

Mengenai apakah mungkin kebijakan kenaikan harga akan diambil pemerintah, Kemal menilai itu sangat mungkin secara legal-formal, “DPR sudah memberikan diskresi kepada pemerintah untuk mengambil kebijakan itu dalam UU APBN 2013. Jadi jika ada situasi ekonomi yang menyebabkan gejolak harga sehingga harus mengambil keputusan itu, maka pemerintah bisa memutuskannya. Selebihnya, tinggal bagaimana pemerintah mengkomunikasikannya ke parlemen dan masyarakat luas,” tutupnya.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (inet)

Pilihan Terbaik-Nya