Home / Berita / Daerah / Rumah Zakat Bantu Korban Banjir Kampung Melayu, Jakarta

Rumah Zakat Bantu Korban Banjir Kampung Melayu, Jakarta

Suasana pengobatan gratis untuk korban banjir yang digelar Rumah Zakat di RT 10 Rw 04 Kampung Melayu. (Dok Rumah Zakat)
Suasana pengobatan gratis untuk korban banjir yang digelar Rumah Zakat di RT 10 Rw 04 Kampung Melayu. (Dok Rumah Zakat)

dakwatuna.com Hujan deras yang mengguyur wilayah Jabodetabek dalam beberapa hari terakhir ini menyebabkan sejumlah kawasan di Jakarta terendam banjir. Salah satu daerah yang terparah adalah wilayah Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur. Untuk membantu warga yang terdampak musiban ini, hari ini Rabu (16/1), Rumah Zakat menyalurkan 1.000 paket kornet Superqurban, 500 paket Siaga Gizi Nusantara, dan memberikan pengobatan gratis bagi 150 warga di Jalan Kebon Pala 2, RT.10 RW. 04,  Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur.

Koordinator lapangan relawan Rumah Zakat, Pras Purworo mengatakan, aksi “Banjir Datang Kita Peduli” akan terus dilakukan Rumah Zakat selama beberapa hari ke depan di sejumlah titik banjir di Jakarta hingga warga dapat kembali ke rumah masing-masing. “Sementara ini kami fokus di daerah Kampung Melayu dan selanjutnya akan menjangkau beberapa titik banjir lain di Jakarta,” katanya.

Pras menjelaskan, penyaluran kornet Superqurban dan Siaga Gizi Nusantara untuk warga dilakukan agar mereka mendapatkan asupan gizi yang cukup meskipun dalam kondisi terkena bencana. Sementara layanan pengobatan gratis dilakukan untuk mengantisipasi gejala-gejala penyakit yang banyak timbul di musim hujan dan banjir.

Dari data yang dihimpun di lapangan, saat ini warga membutuhkan bantuan berupa selimut, tikar, susu anak/bayi, pampers, alat kebersihan, dan makanan siap saji. “Kami akan terus menyalurkan bantuan dari para donatur Rumah Zakat agar warga yang terkena musibah banjir dapat terbantu,” katanya.

Sementara itu Pembina Karang Taruna Kelurahan Kampung Melayu, Rukiman, yang menerima bantuan dari donatur Rumah Zakat megucapkan terima kasih kepada segenap donatur Rumah Zakat. “Kami sangat terbantu dengan bantuan kornet dan pengobatan gratis. Karena disaat banjir seperti ini warga yang mengungsi dari rumahnya masing-masing membutuhkan makanan yang siap disantap dan bergizi,” ujar Rukiman.

Selain menyalurkan bantuan di Kampung Melayu, Rumah Zakat juga telah mendistribusikan bantuan 1.600 kornet Superqurban dan 600 Siaga Gizi bagi warga yang terkena musibah banjir di Kabupaten Pandeglang, Banten. “Semoga bantuan yang telah kami salurkan dapat membantu meringankan warga dalam menghadapi musibah banjir,” kata Direktur Program Rumah Zakat, Henny Widiastuti.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 9,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pangandaran menyebabkan 8 kecamatan tergenang banjir dengan ketinggian sekitar 20 – 180 meter. (Putri/PKPU)

Hujan Deras Akibatkan Longsor dan Banjir di Pangandaran