Home / Berita / Internasional / Asia / Madinah, Kota Kebudayaan Islam 2013

Madinah, Kota Kebudayaan Islam 2013

Salah satu sudut kota Madinah. (flickr.com / A'chik)
Salah satu sudut kota Madinah. (flickr.com / A’chik)

dakwatuna.com – Riyadh. Madinah dipilih sebagai kota budaya Islam tahun 2013. Madinah menyusul Makkah, Rabat, Isfahan, Dakar, Fez dan Alexandria yang lebih dulu mendapat penghargaan itu.

Gubernur Madinah, Pangeran Abdul Aziz bin Majed mengatakan, pihaknya menyiapkan program guna menjadikan Madinah sebagai pusat budaya Islam sudah bertahun-tahun lalu. Program itu meliputi penyelenggaraan konferensi, seminar, kompetisi, dan pertunjukan seni rakyat.

“Saya kira, Madinah memilik kebudayaan yang indah berikut warisan sejarah yang luar biasa,” kata Pangeran Abdul Aziz seperti dikutip arabnews.com, Selasa (15/1).

Terpilihnya Madinah juga bertepatan dengan perluasan Masjid Nabawi, yang nantinya akan membuat masjid ini yang terbesar di dunia. “Saya berterima kasih kepada masyarakat Madinah yang mampu menunjukan kepribadiannya sehingga menarik masyarakat seluruh dunia untuk datang,” kata Pangeran Abdul Aziz.

Menteri Kebudayaan dan Informasi, Abdul Azoz Khoja menilai terpilih atau tidak, Madinah tetap menjadi simbol budaya Islam selama berabad-abad.

Menurut para sejarawan, Madinah terpilih karena kota-kotanya seperti Taiba, Yathreb, Dar, Iman, Dar Al-Hijrah, Dar Al-Fatah dan Dar Al-Akhyar. “Kota-kota ini menyimpan banyak peristiwa bersejarah,” kata para sejarawan yang memberikan penilaian pada penghargaan tersebut. (Dyah Ratna Meta Novi/Agung Sasongko/ROL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (collegeaffairs.in)

Membentuk Karakter Pemimpin yang Islami Sejak Dini

Organization