Home / Berita / Daerah / “Forum Umat Islam Peduli” Minta Polri Rehabilitasi Terperiksa Kasus Poso

“Forum Umat Islam Peduli” Minta Polri Rehabilitasi Terperiksa Kasus Poso

Ilustrasi - Peta Poso. (inet)
Ilustrasi – Peta Poso. (inet)

dakwatuna.comForum Umat Islam Peduli (FUIP) Sulawesi Tengah meminta Polri merehabilitasi 14 warga Kabupaten Poso yang ditangkap dan diperiksa selama tujuh hari karena diduga terlibat penembakan enam anggota Brimob.

“Mereka jelas terbukti tidak salah, jadi namanya harus dipulihkan,” kata Dedy Irawan aktivis FUIP Sulawesi Tengah di Palu, Senin (14/1).

FUIP Sulawesi Tengah terdiri dari Himpunan Pemuda Alkhairaat, Front Pembela Islam, Himpunan Mahasiswa Islam, dan sejumlah perkumpulan lainnya.

Dedy mengatakan masyarakat menduga warga sipil yang diperiksa itu adalah bagian dari kelompok bersenjata Poso.

“Citra mereka harus diperbaiki,” katanya.

Dia juga menyayangkan proses pemeriksaan warga sipil itu juga disertai dengan kekerasan hingga membuat lima orang memar terkena pukulan di bagian wajah.

“Polisi harus bertanggungjawab, jangan semena-mena menangkap orang dan memperlakukannya secara tidak manusiawi,” katanya.

Penangkapan belasan warga Desa Kaloro, Kabupaten Poso itu dilakukan setelah enam anggota Brimob Polda Sulawesi Tengah ditembaki kelompok bersenjata sipil, empat di antaranya tewas. Para korban penangkapan mengaku dianiaya saat ditangkap dari rumahnya menuju Mapolres Poso.

Saat itu mata para korban ditutup sehingga tidak mengenali wajah pelaku penganiayaan. Rumah mereka kebetulan berada di sekitar lokasi penembakan anggota Brimob sehingga polisi menduga warga sipil itu terlibat.

Sementara Kabid Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sulawesi Tengah AKBP Deden Garnada mengaku telah memeriksa sebanyak 14 anggota brimob terkait dugaan penganiayaan terhadap warga yang ditangkap itu.

“Kalau terbukti bersalah mereka akan dikenai sanksi tegas,” kata mantan Kapolres Morowali ini. (ant/dem/RMOL)

Advertisements

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Hadir Sebagai Saksi, Anggota Polri Penulis Laporan Dicecar Hakim

Figure
Organization