Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Negeriku Kaya Raya

Negeriku Kaya Raya

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

Ilustrasi (inet)
Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Indonesia adalah negeri kaya raya yang memiliki berbagai kekayaan alam melimpah ruah, seperti tambang minyak, batu bara, laut yang berpotensi pariwisata, persawahan, perkebunan, pegunungan dan lain-lain. Tetapi sayang sekali pemaksimalan pengelolaan tidak bisa kita garap secara maksimal, masih banyak sumber daya alam kita yang di biarkan begitu saja dan yang lebih parah lagi di berikan begitu saja kepada asing.

Ketika kita melihat kepada sumber daya manusia di negara ini, kita memiliki banyak warga yang sanggup untuk mengelola sumber daya alam yang di miliki oleh negeri ini. Salah satu contoh Indonesia memiliki ilmuwan luar biasa yang bisa di berikan amanah untuk mengelola sumber daya alam di negeri ini. Selanjutnya banyak potensi anak muda yang memiliki kemampuan lebih dalam bidang otomotif, sains, teknologi, dan lainnya.

Melihat potensi sumber daya alam di Indonesia yang sangat kaya ini tidak layak adanya pengemis, anak putus sekolah, kelaparan yang selalu menghantui negeri ini. Tetapi malah sebaliknya akan terciptanya masyarakat yang aman, tenteram dan sejahtera.

Dalam undang-undang dasar 1945 mengatakan, untuk membentuk suatu Pemerintahan Negara Indonesia  yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Ini salah satu jaminan terhadap masyarakat Indonesia yang telah di susun oleh founding father kita untuk masyarakat Indonesia.

Tetapi sekarang ini adalah kenyataan yang tidak layak berada di negeri ini seperti kemiskinan, pendidikan yang tidak layak, dsb. Tidak akan habis ketika para petinggi negeri ini hanya memikirkan diri sendiri dan golongannya. Indonesia tidak akan berubah dari keterpurukan yang selama ini di alami negeri ini.

Sebuah solusi yang sangat kongkret untuk memaksimalkan potensi sumber daya alam adalah mengambil alih aset-aset negara dari tangan asing yang merugikan negeri ini, saatnya pemerintah mempercayakan kepada anak bangsa dalam pengelolaan sumber daya alam yang di miliki, Fasilitasi dalam pengelolaan SDA oleh pemerintah secara penuh.

“Telah dilipat bumi untukku Antara Barat dan Timur. Dan aku dikarunia kekayaan perbendaharaan Merah dan Putih”. (HR. Imam Ahmad)

“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” (QS. Al Qashash: 77).

Wallah’hualam.

About these ads

Redaktur: Lurita Putri Permatasari

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Lutfi Achdiyan Fahmi
Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta.

Lihat Juga

Islam di Indonesia, Jangan Ibarat Air Susu Dibalas Air Tuba