Topic
Home / Berita / Internasional / Eropa / Sekolah Islam Pertama Akan Didirikan di Staffordshire, Inggris

Sekolah Islam Pertama Akan Didirikan di Staffordshire, Inggris

Siswi di sekolah Islam Inggris. (AP/ROL)
Siswi di sekolah Islam Inggris. (AP/ROL)

dakwatuna.com – Staffordshire. Komunitas Muslim optimistis permohonan izin pembangunan sekolah Islam pertama di kawasan Midlands Barat, Inggris, bakal terealisasi.

Komunitas Muslim percaya kehadiran sekolah Islam akan meluruskan kesalahpahaman tentang Islam dan umat muslim di wilayah tersebut.

Ketua Iqra Welfare Trust, Asif Mehmood mengatakan keyakinan itu muncul karena besarnya dukungan komunitas, relawan dan pengusaha lokal. “Jadi, saya berharap ini akan sukses,” kata dia seperti dikutip The Sentinel, Senin (7/1).

Mehmood mengungkap sekolah ini tidak hanya diperuntukan untuk kalangan muslim, tetapi juga umat agama lain. Ini dimaksudkan agar memberikan kesempatan kepada umat agama lain untuk melihat gambaran yang benar soal Islam dan muslim.

“Saya ingin membuat kesalahpahaman itu diluruskan,” kata dia.

Pengajuan permohonan telah dilakukan sejak lama. Usai mendapat restu dari warga lokal, komunitas muslim melanjutkan permohonan itu ke dewan kota.

Jika disetujui, Akademi Iqra –nama sekolah Islam itu, akan dibuka pada September 2014. Sekolah Islam itu mampu menampung 600 pelajar dengan rentang usia 11-16 tahun.

Secara terpisah Iqra Welfare Trust sedang bernegosiasi dengan pemilik Endensor Technology College. Apabila proses negosiasi mulus, kampus itu akan digunakan sebagai sekolah Islam untuk wilayah Normacot, Longton, Shelton dan Tunstall.

Kehadiran sekolah Islam sebenarnya merupakan kebutuhan mendesak kalangan muslim. Soalnya, populasi muslim di kawasan Midlands Barat terus bertambah. Di sisi lain, jumlah sekolah Islam belumlah cukup memenuhi kebutuhan komunitas umat muslim.

Aftab Hussain, warga Normacot, mengatakan sangat penting anak-anak muslim mendapatkan pendidikan dengan karakter agama yang kuat. Itu membuat mereka menjadi warga negara yang baik.

Data Dewan Islam Inggris (MCB) menyebutkan jumlah pelajar Muslim Inggris mencapai 400 ribu orang. Sementara itu, lebih dari tujuh ribu sekolah negara di Inggris adalah sekolah agama. Dari jumlah itu, sekolah Kristen merupakan yang terbanyak. (Karta Raharja Ucu/Agung Sasongko/ROL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (17 votes, average: 9.88 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Inggris Kecam Rencana Pencaplokan Tepi Barat oleh Israel

Figure
Organization