Home / Berita / Daerah / Hina Masyarakat Minang, Film “Cinta Tapi Beda” Dilaporkan ke Polisi

Hina Masyarakat Minang, Film “Cinta Tapi Beda” Dilaporkan ke Polisi

Ilustrasi - Gedung Polda Metro Jaya. (inet)
Ilustrasi – Gedung Polda Metro Jaya. (inet)

dakwatuna.com – Jakarta. Film “Cinta Tapi Beda” yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo, berbuntut panjang. Masyarakat Minang yang tergabung dalam Badan Koordinasi Kemasyarakatan dan Kebudayaan Alam Minangkabau (BK3AM), Keluarga Mahasiswa Minang Jaya (KMM Jaya) dan Ikatan Pemuda Pemudi Minangkabau Indonesia (IPPMI) akhirnya benar-benar melaporkan pembuat film “Cinta Tapi Beda” ke Polda Metro Jaya, Senin (7/1).

Tiga orang yang dianggap bertanggungjawab atas film ini adalah Hanung Bramantyo (sutradara), Agni Pratistha (aktris) dan Raam Punjabi (produser). Mereka pun diminta untuk meminta maaf ke masyarakat Minang.

Film “Cinta Tapi Beda” dianggap telah menanamkan rasa kebencian dan penghinaan di muka umum terhadap etnis suku Minang. Pembuat film dianggap telah melanggar Pasal 156 KUHP Jo Pasal 4 dan 16 UU.N0.40/2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.

Zulhenri Hasan, perwakilan masyarakat Minang menyatakan, film “Cinta Tapi Beda” telah salah dalam menggambarkan keseharian masyarakat Minang. Pihaknya mempersoalkan tokoh Diana yang diperankan Agni Pratistha sebagai keluarga beragama Katolik. Padahal dalam kenyataannya, masyarakat Minang adalah pemeluk agama Islam.

Masyarakat Minang juga mempersoalkan bagian film yang menggambarkan babi rica-rica yang menjadi menu favorit keluarga Diana. Menurut Zulhenri, babi rica-rica bukanlah makanan favorit masyarakat Minang.

Ia juga mengatakan hanya akan memfasilitasi pihak pembuat film untuk meminta maaf ke masyarakat Minang yang merasa tersakiti. “Selama film ini diputar, sepanjang itu pula masyarakat Minang tersakiti,” jelasnya. (abu/jpnn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (5 votes, average: 8,20 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi, Hari Pahlawan (inet)

Meretas Cinta Jalan Kepahlawanan