Home / Berita / Internasional / Asia / Fatah Akhirnya Bisa Rayakan Milad di Jalur Gaza

Fatah Akhirnya Bisa Rayakan Milad di Jalur Gaza

Perayaan Milad Fatah di Jalur Gaza. (knrp)
Perayaan Milad Fatah di Jalur Gaza. (knrp)

dakwatuna.com Setelah melalui perundingan yang alot, para pendukung Fatah di Jalur Gaza akhirnya bisa menggelar acara milad Fatah ke-48 pada Jumat (4/1).

Pada Kamis malam, jalan-jalan yang menuju lapangan Saraya–tempat acara peringatan milad akan berlangsung–macet total oleh mobil-mobil yang akan masuk ke alun-alun tersebut.  Para pendukung Fatah melambai-lambaikan bendera dan membawa spanduk-spanduk, serta meneriakkan slogan-slogan berisi dukungan terhadap Fatah.

Ini adalah kali pertama para pendukung Fatah bisa turun ke jalan sejak Hamas mengambil alih kontrol di wilayah Gaza pada tahun 2007. Aksi massa pendukung Fatah juga berkumpul di beberapa kota lainnya di Gaza pada Kamis malam.

Pada Kamis pagi, salah satu tokoh pendiri Fatah Abdul Aziz Shaheen yang lebih dikenal dengan nama Abu Ali, untuk pertama kalinya setelah lebih dair lima tahun, memasuki wilayah Gaza. Ia didampingi oleh anggota Komite Sentral Fatah dan mantan kepala intelijen Otorita Palestina Jibril Al-Rajoub, serta juru bicara Fatah di Tepi Barat Osama Al-Qawasmi.

Perayaan yang akan berlangsung di lapangan Saraya hari ini akan diisi dengan pertunjukan seni budaya, dan pemutaran rekaman pidato Ketua Fatah yang juga Presiden Otorita Palestina Mahmoud Abbas.

Sejak menguasai Gaza lima tahun ini, inilah pertama kalinya Hamas memberi izin perayaan milad Fatah di Jalur Gaza. Sebelumnya, Fatah juga mengizinkan perayaan milad Hamas di Tepi Barat.  Situasi ini menumbuhkan harapan pemulihan hubungan antara kedua faksi terbesar di Palestina itu, yang selama lima tahun belakangan ini saling berseteru dan menguasai wilayah masing-masing; Hamas di Gaza dan Fatah di Tepi Barat. (aisyah/mn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Tunaikan Ibadah Haji, Ismail Haniyah Tinggalkan Gaza