Home / Berita / Nasional / Adiwarman Karim: Pertumbuhan Perbankan Syariah Diprediksi Melambat di 2013

Adiwarman Karim: Pertumbuhan Perbankan Syariah Diprediksi Melambat di 2013

Ilustrasi. (RoL)
Ilustrasi. (RoL)

dakwatuna.comPengamat Ekonomi Syariah Adiwarman Karim memperkirakan pertumbuhan perbankan syariah melambat di awal 2013. Hal ini diakibatkan oleh penyesuaian peraturan yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI) di akhir 2012.

“BI banyak membuat kebijakan sehingga pada kuartal I 2013 industri perbankan syariah mengalami perlambatan,” kata Adiwarman di Jakarta, Rabu (2/1).

Pada awal 2013 perbankan syariah diprediksi akan sibuk mengkaji sejumlah kebijakan yang diterbitkan BI. Beberapa kebijakan yang dikeluarkan BI akhir tahun 2012 diantaranya aturan loan to value ratio (LTV) untuk kredit pemilikan rumah dan uang muka kredit kendaraan bermotor yang rencananya akan mulai diberlakukan 1 April 2013 mendatang.

Adiwarman memprediksi puncak pertumbuhan perbankan syariah terjadi di kuartal III 2013. “Diperkirakan di saat itu ada percepatan pertumbuhan di sektor pembiayaan syariah dan perbankan,” ujarnya.

Di penghujung 2013 perbankan syariah akan kembali melambat. Pasalnya perbankan akan mengalami transisi pengawasan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

PT Bank Syariah Mandiri menargetkan pertumbuhan aset perseroan hingga 25 persen di 2013. Direktur Utama Bank Syariah Mandiri (BSM) Yuslam Fauzi mengatakan meski target tersebut di bawah perkiraan bank sentral, namun menurutnya angka tersebut cukup positif.

“Kami memang tidak mencantumkan target agresif tapi biasanya memang tercapai,” kata Yuslam.

Selama ini, sambungnya, angka pertumbuhan BSM berada di atas pertumbuhan industri. Pertumbuhan BSM 2012 tidak terlalu tinggi lantaran persoalan dana haji yang ditarik dari industri perbankan syariah. Namun, Yuslam optimistis di 2013 BSM mampu mencapai target pertumbuhan yang digadangnya. (Citra Listya Rini/Qommarria Rostanti/ROL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Tugas dan Peran Auditor Di Lembaga Keuangan Syariah