14:47 - Jumat, 24 Oktober 2014

Holiday Activity IIC 2012: “Alternatif Mengisi Liburan Anak-Anak Indonesia di Selangor, Malaysia”

Photo Gallery3 Foto Rubrik: Silaturahim | Kontributor: Lily Damayanti - 25/12/12 | 17:50 | 11 Safar 1434 H

dakwatuna.com – “Libur t’lah tiba… Libur t’lah tiba… hore… hore… hore!!” begitulah kira-kira lirik lagu salah satu penyanyi cilik Indonesia yang cukup terkenal sampai saat ini. Liburan memang merupakan hari yang begitu dinantikan oleh para murid di sekolah. Segudang rencana kadang telah anak-anak kita susun dalam minda mereka, beberapa orangtua yang memiliki anak yang sudah agak besar kadang meminta si anak untuk mempresentasikan apa saja yang akan mereka lakukan selama liburan ini. Sebagai orangtua kadang kita hanya bisa geleng-geleng kepala menyaksikan betapa begitu kreatifnya anak-anak menyusun kegiatan liburannya dengan begitu detail.

Yaa… liburan memang identik dengan jalan-jalan. Pergi mengunjungi beberapa tempat seperti tempat rekreasi, menginap di hotel, pergi ke luar kota atau bahkan ke luar negeri umumnya menjadi pilihan beberapa keluarga bagi mengisi liburan. Tidak terkecuali anak-anak Indonesia yang tinggal di Selangor, Malaysia. Bagi anak-anak Indonesia yang sekolah di Sekolah Kebangsaan Malaysia, minggu ini memang merupakan minggu ke lima liburan sekolah, namun bagi anak-anak yang bersekolah  di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIK) minggu ini merupakan minggu pertama mereka liburan.

Bagi mengisi liburan kali, Bidang Perempuan PKS bekerja sama dengan Indonesian Islamic Centre (IIC) mengadakan acara yang bertajuk ‘Holiday Activity IIC 2012”. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 24 Desember 2012. Istya Widiastuti M.Sc yang diamanahkan sebagai ketua acara menyampaikan bahwa tujuan acara ini adalah mencari alternatif bagi mengisi liburan dengan berbagai aktivitas yang bermanfaat. Anak-anak usia sekolah taman kanak-kanak sampai sekolah menengah adalah sasaran peserta pada acara ini.

Acara ini dilakukan selama sehari penuh. Berbagai aktivitas yang dilakukan sesuai dengan tingkat usia antara lain membuat biskuit post card, latihan menyablon, membuat kartu ucapan dengan kain flanel dan pita jepang, origami dengan berbagai bentuk, mewarnai, mendesain baju dan membuat peragaan dari baju yang telah didesain oleh mereka. Alhamdulillah, mereka begitu antusias dalam melaksanakan berbagai kegiatan ini. Lebih dari 50 orang peserta usia sekolah menghadiri acara ini. Meskipun dilakukan di hari kerja, namun hal ini tidak mengurangi semangat para orangtua yang umumnya bekerja dan kuliah dalam menyokong acara ini. Mereka dapat mengantar putra-putri tercinta di pagi hari sebelum memulai aktivitas dan menjemputnya di sore hari seusai beraktivitas

Acara ini juga mendapat dukungan penuh dari ketua DPD PKS Selangor, Chozin Nachrawi S.T. Menurut beliau, ini adalah salah satu alternatif bagi para orang tua Indonesia di Selangor, Malaysia untuk memberikan aktivitas yang bermanfaat dalam mengisi liburan bagi para putra-putri tercinta dan perlu diadakan secara berterusan setiap tahunnya. Kesan mendalam dirasakan oleh Akmal, siswa kelas 6 yang merupakan salah satu peserta Holiday Activity 2012, “saya baru tau caranya menyablon kain dan bagaimana sebuah kaos dapat ditempel gambar setelah mengikuti acara ini”. Sepanjang acara anak-anak memang mengikuti setiap aktivitas dengan penuh semangat dan tak sabar untuk mengikuti setiap aktiviti yang telah dirancang oleh panitia.

Acara ini ditutup dengan aktivitas terakhir yaitu menonton film dan penyampaian kesan dari peserta terhadap pelaksanaan acara. Pada akhir acara peserta juga membawa pulang souvenir hasil karya mereka untuk ditunjukkan kepada orangtua di rumah. Akhirnya, semoga acara ini dapat memberi kesan dan menebarkan manfaat bagi setiap peserta sebagai salah satu alternatif dalam mengisi liburannya. Dan semoga keterampilan baru yang dimiliki para peserta dapat bermanfaat untuk umat kelak. Aamiin.

Berita Foto

Redaktur: Hendra

Topik:

Keyword: , , , , , , , , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (1 orang menilai, rata-rata: 10,00 dalam skala 10)
Loading...Loading...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
Iklan negatif? Laporkan!
79 queries in 1,613 seconds.