13:21 - Kamis, 17 April 2014

Menag: Mengucapkan Selamat Natal Halal

Rubrik: Nasional | Kontributor: dakwatun - 24/12/12 | 17:21 | 10 Safar 1434 H

Menteri Agama, Suryadharma Ali. (blogspot.com)

Menteri Agama, Suryadharma Ali. (blogspot.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan memberi ucapan selamat Natal kepada umat Kristiani halal.

Hal tersebut disampaikan Suryadharma dalam konferensi pers usai peluncuran laman berita Islam dan Konferensi Internasional tentang Fatwa di Jakarta, Senin.

“Perlu diketahui bahwa pemerintah mendorong terciptanya kerukunan antarumatberagama, jadi tidak ada masalah dengan memberi ucapan selamat Natal. Ya, itu halal,” kata dia.

Pernyataan tersebut dikemukakan menteri agama menanggapi adanya pendapat sebagian ulama bahwa mengucapkan selamat Natal haram hukumnya.

“Ulama memiliki interpretasi masing-masing dengan sumber hukum berlandaskan, diantaranya Al-Quran, Sunah dan ijma (kesepakatan para ulama). Oleh karena itu, perlu juga dilihat pernyataan itu sebagai fatwa lembaga atau pribadi,” kata dia.

Selain itu, Suryadharma juga menegaskan pandangan pemerintah harus dijadikan rujukan dalam menyikapi pro-kontra tersebut.

“Pemerintah tidak pernah mempersoalkan mengenai hal ini, bahkan presiden, wakil presiden dan menteri agama merayakan Natal, dan semua hari raya agama-agama di Indonesia, sebagai wujud toleransi yang kita bangun,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, Menag Suryadharma Ali juga menghimbau peran media dalam menyebarluaskan pesan damai, toleransi dan persatuan. (A060/Ant)

Redaktur: Hendra

Topik:

Keyword: , , , , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (12 orang menilai, rata-rata: 3,42 dalam skala 10)
Loading ... Loading ...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
  • http://www.facebook.com/yadimultea Yadi Mulyadi

    Ini memang mentri yang ga punya pendirian,sudah jelas jelas semua ulama soleh menfatwakan kalau mengucapkan selamat natal itu haram bagi umat islam,susah lah kalau orang sudah enak dengan kehidupan dunia,takut kehilangan jabatan n takut jadi orang miskin karena mempertahankan akidah.

  • Juragan Tembakau

    Hay saudaraku, Kaum ISMAEL… urusan Vertikal tidak bisa diintervensi oleh horizontalnya. Jadi, TUHAN ALLAH tidak perlu bantuan utk pembenaran ajaranNYA. Jika, statement saya salah silahkan tanyakan pada manusia2 yang telah Meninggal, bagaimanakah hukum TUHAN ALLAH yang sebenarnya. Damai Sejahteralah bagsaku, agar kita tidak menjadi “budak ekonomi” oleh bangsa Amerika dan Arab.

  • selly mulyani

    astaghfirullaah…ada2 saja. sudah tahu agama yang benar itu satu hanya Islam…klo mengucapkan natal halal artinya kita sudah mengakui akan adanya agama itu dan dibenarkan. ingat!!!!!!!!!!! surat Al-Kafirun! sudah jelas itu di dalam al-Qur’an. masalah ini tidak dapat dibiarkan. ini masalah akidah, ketauhidan. dan tidak bisa diganggu gugat!!!!!!! titik, tidak ada koma.

  • dinda

    aq ga ngucapin selamat ke bos& temen2 nasrani tapi baik2 aja tuh. tetep rukun.
    emang dasar muslim indonesia suka ngributin hal2 remeh& sungkanan ama org lain.
    padahal, mereka juga gak peduli tuh, kita mau ngucapin pa kagak.
    kasian bgt yg susah-payah nglanggar syariat demi diliat baik ma orang…

  • http://www.facebook.com/hari.triansyah Hari Triansyah

    Allah I berfirman:

    “Maka berselisihlah golongan-golongan yang ada
    di antara mereka. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang kafir pada waktu
    menyaksikan hari yang besar (kiamat).” (Maryam: 37)

  • Syahar

    Itulah Mentri Partai Politik. Akidah tak jelas, lebay ……

  • SWD

    Astaghfirullah

  • Ramanda

    Itulah kadar Iman seorang Mentri tkt karena kedudukannya…???

Iklan negatif? Laporkan!
62 queries in 0,971 seconds.