23:25 - Jumat, 21 November 2014

PBB: Israel Bunuh 271 Jiwa Saat Palestina Berhenti Menyerang

Rubrik: Amerika, Asia | Kontributor: dakwatuna.com - 23/12/12 | 18:03 | 09 Safar 1434 H

Seorang ibu menggendong jasad anaknya yang tewas dalam serangan Israel di Jabaliya, Jalur Gaza, Palestina, Jumat (16/11). (AP/Bernat Armangue/ROL)

Seorang ibu menggendong jasad anaknya yang tewas dalam serangan Israel di Jabaliya, Jalur Gaza, Palestina, Jumat (16/11). (AP/Bernat Armangue/ROL)

dakwatuna.com – Pelapor khusus PBB untuk Palestina, Richard Falk mengungkap fakta bahwa sebelum pecahnya aksi militer pada November lalu, tidak ada satupun warga Israel yang dibunuh oleh Palestina. Sebaliknya, sejak Januari 2009, Israel telah menghabisi 271 nyawa masyarakat Palestina yang tinggal di Gaza. “Laporan ini berdasarkan angka yang disusun oleh LSM HAM Israel, B’Tselem,” ujar Falk seperti dikutip Aljazeera.

Perwakilan PBB ini menyayangkan perilaku Israel dan siap melaporkan mereka ke forum PBB. Menurutnya aksi pembantaian dengan alasan apapun tidak bisa diterima. Wakil PBB ini pun meminta Israel untuk segera menghentikan segala tindakan militer kepada warga Palestina yang tinggal di Gaza.

Jumat (21/12) lalu, Israel kembali menyerang warga sipil dengan menembak lima orang petani Palestina. Israel mengklaim kelima petani itu telah memasuki lahan Israel.

Terkait tindakan Israel, Palestina bersiap melaporkannya ke pengadilan Kejahatan Internasional (ICC). Karenanya, Palestina pun bersiap untuk membahas keanggotaan mereka di ICC.

Duta Besar Palestina untuk Indonesia Fariz Mehdawi mengatakan, negaranya membutuhkan langkah ini. Tujuannya, untuk melaporkan segala tindak kekerasan yang dilakukan militer Israel. “Kami akan mengonsolidasikannya dengan negara-negara sahabat,” katanya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Mehdawi menegaskan, Palestina seperti negara lain berhak membela diri dan meminta keadilan internasional. Prosedur permohonan akan diikuti. Menurutnya, Presiden Palestina Mahmud Abbas memang telah berencana maju ke ICC. (Abdullah Sammy/ROL)

Redaktur: Hendra

Topik:

Keyword: , , , , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (3 orang menilai, rata-rata: 10,00 dalam skala 10)
Loading...Loading...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
Iklan negatif? Laporkan!
83 queries in 1,367 seconds.