Home / Berita / Nasional / MUI: Produk Bersertifikat Halal Tidak Bercampur Daging Babi

MUI: Produk Bersertifikat Halal Tidak Bercampur Daging Babi

Ilustrasi. (detikfood)
Ilustrasi. (detikfood)

dakwatuna.com – Jakarta. Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan,  semua produk-produk yang bersertifikat halal dan masih berlaku, tidak mengandung campuran daging babi.

Hal tersebut dipastikan setelah Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) melakukan verifikasi produk-produk terkait dengan berkembangnya isu bakso yang bercampur daging babi.

Meski demikian, MUI mengakui menemukan produk berlogo halal MUI yang telah kedaluwarsa sertifikatnya sejak 1 Desember 2012.

“Produk yang belum bersertifikat halal dan atau yang sudah kadaluarsa seperti yang terjadi baru-baru ini sangat berpotensi untuk terjadinya ketidakhalalan karena belum diaudit atau sudah diaudit tapi hasil auditnya diragukan sehingga tidak dikeluarkan sertifikat halalnya,” ujart DR. KH. Ma’ruf Amin, Ketu MUI, dalam siaran persnya, Jakarta, Rabu (19/12/2012).

Menurut Ma’ruf beberapa pengusaha tidak bisa diberikan perpanjangan setifikat halal karena produsen tidak mampu menunjukkan dokumen yang diperlukan dalam proses perpanjangan.

Pada saat bersamaan, suku dinas kelautan pemerintah Jakarta Barat melakukan uji adanya kandungan sebagian produk yang hasilnya positif mengandung daging babi.

“Berdasarkan prosedur di LPPOM MUI, uji cepat (rapid test) menggunakan test deteksi babi (pork detection kits) baru merupakan tahap awal dalam pengkajian kehalalan produk. Bukan keputusan akhir terhadap kehalalan suatu produk,” tegasnya.

Jika dinyatakan positif, lanjut Ma’ruf, LPPOM MUI akan melakukan uji lebih lanjut dengan akurasi yang lebih tinggi dengan menggunakan alat canggih polymerase chain reaction (PCR) untuk mendeteksiada tidaknya DNA babi.

MUI dalam kesempatan tersebut menghimbau agar produsen atau pedagang bakso yang belum bersertifikat halal agar mengajukan sertifikasi halal untuk menghilangkan keraguan masyarakat dalam mengkonsumsi bakso. (tribunnews)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

SNH: Lamban Tangani Kasus Penistaan, Polisi Diujung Tanduk