Topic
Home / Berita / Daerah / Survei PKS Jatim: Sebagian Besar Kader Favoritkan Soekarwo-Saifullah Yusuf

Survei PKS Jatim: Sebagian Besar Kader Favoritkan Soekarwo-Saifullah Yusuf

Soekarwo (kanan) dan Saifullah Yusuf. (inet)
Soekarwo (kanan) dan Saifullah Yusuf. (inet)

dakwatuna.com – Surabaya. Sebagian besar kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Timur masih memfavoritkan pasangan petahana, Soekarwo-Saifullah Yusuf untuk melanjutkan kinerjanya memimpin Jawa Timur.

Berdasarkan hasil survei internal terhadap 4.193 kader struktur di 38 kabupaten/kota, Soekarwo dipilih oleh 37 persen kader untuk tetap menjadi gubernur, dan Saifullah Yusuf, dipilih 34 persen kader untuk tetap menjadi wakil gubernur. Pilihan lain, muncul nama-nama Khofifah Indar Parawansa, Tri Rismaharini, Bambang DH, dan Untung S Rajab.

Menurut Ketua DPW PKS Jatim, Hamy Wahjunianto, Soekarwo banyak dipilih kader di kawasan Mataraman seperti Nganjuk, Kediri, Ngawi, dan Magetan, sementara Saifullah yusuf unggul di kawasan Madura dan Tapal Kuda seperti Pasuruan, Probolinggo sampai Banyuwangi.

Hasil itu, kata Hamy, akan disampaikan kepada DPP PKS sebagai bahan pertimbangan, siapa cagub/cawagub yang akan diusung. ”Karena urusan Pilgub, 100 persen adalah domainnya pengurus pusat,” katanya, Rabu (19/12/2012).

Selain itu, hasil survei juga akan disampaikan kepada PWNU Jatim, sekaligus meminta masukan dan saran, tentang langkah terbaik yang akan ditempuh PKS berdasarkan data survei itu. ”Kenapa kami pilih PWNU, karena fakta bahwa mayoritas pemilih adalah warga Nahdiyin, serta adanya wacana cagub/cawagub dari kalangan nahdiyin,” ujarnya.

Selain survei cagub dan cawagub, PKS juga menggali data tentang partai paling favorit pilihan kader PKS untuk diajak berkoalisi pada Pilgub Jatim mendatang. Hasilnya, PKB menempati posisi paling tinggi, yakni 25,99 persen, disusul Partai Demokrat (16,27 persen), Golkar (12,66 persen), PPP (11,89 persen), PAN (11,67 persen), dan PDIP (10,07 persen).

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 10.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

PKS Gencar Bantu Korban Gempa dan Tsunami Sulteng

Figure
Organization