Home / Berita / Internasional / Amerika / Palestina Harap Internasional Dorong Akhiri Blokade Israel atas Gaza

Palestina Harap Internasional Dorong Akhiri Blokade Israel atas Gaza

Peta blokade terhadap wilayah Gaza. (wikipedia)
Peta blokade terhadap wilayah Gaza. (wikipedia)
dakwatuna.com – New York. Palestina, Kamis (13/12), menyerukan masyarakat internasional agar tidak hanya menyediakan bantuan ekonomi dan kemanusiaan buat rakyat Palestina, tapi juga mendorong diakhirinya blokade Israel atas Jalur Gaza.

Seruan itu disampaikan Pengamat Tetap Palestina untuk PBB Riyad Mansour dalam pertemuan Sidang Majelis Umum PBB mengenai bantuan buat rakyat Palestina.

Ia mendesak masyarakat interasional agar melancarkan segala upaya, termasuk langkah praktis, guna memaksa Israel agar segera mencabut blokade tidak sah dan tidak manusiawinya atas Jalur Gaza.

Masyarakat internsional perlu melakukan tindakan guna menghilangkan penghalang sangat besar itu yang dilancarkan penguasa pendudukan di lapangan, sehingga mempengaruhi kehidupan lebih dari 1,6 juta orang Palestina.

“Pemerintah Israel sangat disesalkan terus memberlakukan pembatasan perdagangan sehingga ekonomi Palestina tergantung atas ekonomi Israel,” kata duta besar Palestina tersebut.

Pada saat ini, katanya, Palestina tak bisa memperoleh akses ke pasar internasional. Rakyat Palestina dipaksa berdagang dengan orang Israel, penguasa pendudukan, sehingga Palestina menjadi importir nomor dua produk Israel.

Akibatnya, ketergantungan yang sangat tinggi itu melucuti ekonomi Palestina dari sumber impor dan pasar bagi ekspor yang lebih kompetitif. Demikian laporan Xinhua.

“Kondisi tersebut juga meningkatkan kerentanan Palestina atas lingkaran usaha Israel,” kata Mansour. (Ant/OL-5/MICOM)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Aksi Solidaritas Palestina oleh LDK SSP STEI SEBI yang berlokasi di Car Free Day, Jakarta. Ahad (27/11/2016).  (Ahmad Jundi Taqiyuddin/LDK SSP STEI SEBI)

Aksi Solidaritas Untuk Palestina di Car Free Day Jakarta

Organization