Home / Berita / Nasional / PKS Komitmen Kawal Pembahasan RUU Desa

PKS Komitmen Kawal Pembahasan RUU Desa

Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto. (ist)
Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto. (ist)

dakwatuna.com – Jakarta. Anggota Pansus RUU Desa FPKS DPR RI Hermanto menyatakan PKS tetap akan komitmen untuk mengawal pembahasan RUU Desa. Hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di pedesaan. Sejak awal pembahasan RUU Desa ini dibahas, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera berpandangan bahwa Desa memiliki posisi strategis di dalam mewujudkan cita-cita bangsa yakni mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

“Posisi strategis yang dimiliki desa tentu akan efektif ketika desa dikelola dengan baik. Menghadirkan tata kelola desa yang baik (good village governance) mesti menjadi tekad dan komitmen bersama untuk diimplementasikan. Sehingga keberadaan Desa benar-benar dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, jelas Hermanto

Untuk itu, Legislator Partai Keadilan Sejahtera Dapil Sumatera Barat ini menambahkan saat ini Pembahasan RUU Desa akan masuk pada pembahasan di tingkat Panja bersama Pemerintah. Sebagai gambaran Fraksi-Fraksi baru saja menyerahkan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) sebagai respon terhadap Draft RUU Desa yang diserahkan Pemerintah. Oleh karena itu, Hermanto berharap pembahasan RUU Desa bisa selesai pada Masa Sidang Mendatang atau di bulan April 2013.

“Keberadaan RUU Desa ini sangat strategis karena diharapkan mampu menjadi instrumen dalam pemerataan pembangunan. Caranya adalah dengan mendorong hadirnya tata kelola Desa yang baik, transparan dan akuntabel. Dengan adanya tata kelola desa yang baik, dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, RUU Desa harus memberikan dorongan bagi masyarakat desa untuk menumbuhkan, memberdayakan dan mengembangkan potensi sumber daya lokal yang ada di pedesaan sehingga bisa menjadi solusi atas berbagai persoalan yang dialami desa selama ini. Sehingga keberadaan desa benar-benar dirasakan manfaatnya bagi masyarakat”, pungkas kandidat Doktor Institut Pertanian Bogor (IPB) ini. (ist)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 9,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Pilkada DKI

Tak Usung Kader Sendiri, Ini Pertimbangan PKS Usung Anies-Sandi