Home / Berita / Daerah / KPU Jabar Nilai Iklan Aher Bukan Pelanggaran

KPU Jabar Nilai Iklan Aher Bukan Pelanggaran

Pasangan Cagub-Cawagub Jabar, Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar, serta istri masing-masing. (inet)
Pasangan Cagub-Cawagub Jabar, Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar, serta istri masing-masing. (inet)

dakwatuna.com – Bandung. Komisioner KPU Jabar, Iin Endah Setiawati, mengatakan, penayangan iklan baik di media cetak maupun televisi yang dilakukan oleh petahana (incumbent), Ahmad Heryawan tidak masuk dalam kategori pelanggaran pemilu.

Pasalnya, kata dia, KPU Jabar belum menetapkan aturan kampanye. Selain itu, KPU Jabar juga belum menetapkan bakal calon sebagai calon gubernur.

“Penayangan iklan berisi program pemerintah provinsi tidak masuk dalam pelanggaran pemilu,” kata dia saat sosialisasi pilgub yang diikuti 100 anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Kejuruan se-Jabar, Rabu (12/12).

Menurut Iin, yang disebut sebagai pelanggaran kampanye harus memenuhi unsur-unsur. Di antaranya bakal calon menyampaikan visi-misi kepada masyarakat dan adanya ajakan untuk memilih salah satu pasangan.

Unsur-unsur tersebut, imbuh dia, saling berkaitan. Artinya, kalau salah satu unsur tidak ada, maka tak bisa dikatakan kampanye.

“Kami masih menganggap tampilannya iklan, baik di media cetak dan televisi baru sebatas sosialisasi. Justru kami diuntungkan karena sosialisasi bakal calon sekaligus menginformasikan kepada masyarakat tentang pelaksanaan pilgub,” ujar dia.

Iin mengungkapkan, dalam setiap pilkada, calon petahana selalu diuntungkan karena yang bersangkutan masih memegang jabatan. Namun demikian, kata dia, petahana tersebut tetap harus mengikuti aturan-aturan yang berlaku. Selama yang dilakukan petahana tersebut untuk menyampaikan program pembangunan daerahnya, imbuh dia, boleh dilakukan.

“Asal tidak melanggar unsur-unsur kampanye seperti adanya ajakan kepada masyarakat agar memilih dia dalam pilkada,’’ tutur dia. (Hazliansyah/Djoko Suceno/ROL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (16 votes, average: 9,19 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Husni Kamil Malik

Kisah Terakhir Sebelum Husni Kamil Manik Tutup Usia