Home / Berita / Nasional / Ekonomi Syariah Adalah Sistem Terbaik Sebagai Solusi Atasi Kemiskinan Umat

Ekonomi Syariah Adalah Sistem Terbaik Sebagai Solusi Atasi Kemiskinan Umat

Ilustrasi. (inet)
Ilustrasi. (inet)

dakwatuna.com – Medan. Al-Quran dan hadist Rasulullah SAW menjadi sumber sistem ekonomi syariah. Dua sumber itu dipastikan menjadi yang terbaik, dan semestinya tidak ada ruang debat untuk menggugatnya.

“Sistem terbaik ini merupakan solusi bagi kemiskinan umat, terlebih di Indonesia dengan penduduk muslim terbanyak di dunia,” kata Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah Sumatera Utara, Gus Irawan Pasaribu, ketika memberi kuliah umum di Pondok Pesantren Musthafawiyah di Desa Purba Baru, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Selasa (11/12).

Jika diterapkan sistem syariah, menurut Gus Irawan, Indonesia bisa lebih baik dan semakin meningkat perekonomian negara tersebut. Gus Irawan menceritakan, pada 1998 Indonesia dilanda krisis moneter dan berdampak terhadap multikrisis lainnya, sehingga rakyat Indonesia merasakan kesulitan.

Pada 2008 saat krisis global mendera Amerika Serikat, sistem kapitalis ternyata gagal, sehingga berdampak kepada negara lain, termasuk Indonesia. “Efeknya harga sawit, karet dan komoditi lainnya di Indonesia turun drastis. Ini karena investor mengalami kesulitan finansial akibat krisis global,” ucapnya.

Lebih lanjut Gus Irawan mengatakan, saat terjadi krisis di Eropa pada tahun 2011, sistem ekonomi liberalis gagal, dimana Yunani dan Italia mengalami krisis. “Hal itu satu bukti sistem kapitalis dan liberalis sangat tidak layak dipakai. Untuk itu sistem syariah bisa lebih baik. Bukankah itu sudah terbukti?” kata mantan Direktur Utama Bank Sumut itu. (Karta Raharja Ucu/Antara/ROL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (vm-kompania.com)

Implementasi Perkembangan Praktik Audit Syariah di Bank Islam Malaysia