Home / Berita / Nasional / Hafal 10 Juz Al-Quran Berpeluang Besar Diterima Kuliah di UNS

Hafal 10 Juz Al-Quran Berpeluang Besar Diterima Kuliah di UNS

Ilustrasi. (inet)
Ilustrasi. (inet)

dakwatuna.com – Surakarta. Peserta seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri 2013 yang hafal Al-Quran minimal 10 juz berpeluang besar diterima di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Rektor UNS Surakarta Ravik Karsidi mengatakan mereka yang hafal minimal 10 juz akan sangat dipertimbangkan untuk diterima menjadi mahasiswa UNS. Kemampuan menghafal Al-Quran disamakan dengan prestasi akademik pemenang Olimpiade Nasional atau Internasional dan prestasi olahraga dan seni tingkat nasional atau internasional.

“Prestasi calon mahasiswa seperti di bidang akademik, olahraga, seni, dan penghafal Al-Quran akan menjadi penguat utama dalam pertimbangan sebagai mahasiswa UNS,” katanya.

Faktor penguat menjadi penting karena mulai tahun ini tidak ada lagi ujian tulis dalam seleksi calon mahasiswa. Mekanisme seleksi berdasarkan nilai rapor siswa selama menuntut ilmu di sekolah menengah atas, sekolah menengah kejuruan, dan madrasah aliyah.

Prestasi akademik, olahraga, seni, dan hafalan Alquran dapat menjadi penentu. “Jika ada yang nilainya sama dan salah satunya memiliki prestasi, tentu kami akan memilih yang punya prestasi,” dia menambahkan.

UNS menyediakan 5.200 kursi untuk mahasiswa baru. 50 persen dipenuhi dari jalur undangan atau mekanisme seleksi nilai rapor, 40 persen dari seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri yang diadakan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia, dan sisanya dari ujian masuk bersama perguruan tinggi yang tergabung dalam perhimpunan SPMB Nusantara. (UKKY PRIMARTANTYO/TI

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (8 votes, average: 7,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (twitter)

Ada Apa dengan Surat Al-Maidah?