Home / Berita / Daerah / Berikan Sambungan Listrik Gratis, Aher Layak Dinobatkan Gubernur “Caang”

Berikan Sambungan Listrik Gratis, Aher Layak Dinobatkan Gubernur “Caang”

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meninjau langsung permukiman penduduk yang mendapatkan program listrik Perdesaan pada Pencanangan Listrik Perdesaan di wilayah Bekasi & Purwasuka, di Karawang, Jabar, Senin (10/12). Heryawan mengatakan bahwa Program Listrik perdesaan ini bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan menyejahterakan masyarakat. (ANTARA/Jarwo/am)

dakwatuna.com – Bandung. Ketua DPRD Jawa Barat Irfan Suryanegara menyatakan, Ahmad Heryawan (Aher) layak dinobatkan sebagai gubernur listrik desa. Pasalnya, hanya pemprov Jabar yang memberikan sambungan listrik gratis kepada masyarakat.

“Aher layak dinobatkan sebagai gubernur caang (terang), gubernur listrik desa. Ini harus mendapatkan apresiasi kita semua. Hanya segelintir gubernur yang melakukan hal ini.” ujar Irfan dalam rilis acara peresmian pembangunan listrik perdesaan 2012 di Cikampek, Senin (10/12/2012).

Dia menjelaskan, hal tersebut sebagai bentuk penghargaan atas upaya pemprov yang telah memberikan ribuan sambungan listrik secara gratis. Keberhasilan pemprov dinilainya perlu mendapatkan apresiasi dari masyarakat.

Pada acara tersebut diresmikan sekitar 15 ribu sambungan listrik baru untuk Wilayah I Bogor dan Wilayah II Purwakarta. Pada bulan sebelumnya, sudah diresmikan sebanyak 11 ribu sambungan listrik baru untuk Wilayah III Cirebon. Total pada 2012, ada 26 ribu sambungan listrik baru yang diberikan secara gratis oleh pemprov Jabar.

Dalam kurun 2008-2012, pemprov Jabar sudah memberikan sambungan listrik gratis sebanyak 71.245 sambungan. Sehingga ada peningkatan rasio elektrifikasi secara signifikan, dari 64% menjadi 73%.

Sementara itu, Ahmad Heryawan menyambut baik dukungan yang diberikan ketua DPRD untuk membuat Jabar lebih terang. Saat ini, rasio elektrifikasi rumah tangga di Jabar sekitar 73% atau tersisa 3 jutaan warga lagi yang belum tersambung listrik.

“Tapi kalau dari sisi sambungan ke desa pada 2010 kita sudah 100%,” ujar Aher.

Untuk rumah tangga yang belum tersambung, pihaknya menargetkan dalam tiga tahun ke depan bisa diselesaikan. Terlebih, Jabar merupakan daerah penghasil listrik terbesar di Indonesia. “Kita optimistis dalam tiga tahun lagi Jabar bisa caang 100%,” jelasnya.

Dukungan dan apresiasi yang sama juga diberikan oleh Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Hasril Nuzahar. “Kita sangat menghargai upaya Pemprov Jabar, hanya sedikit pemda yang peduli seperti ini,” jelas Hasril dalam sambutannya mewakili Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM.

Hasril berharap, Jabar bisa segera mengikuti jejak provinsi DKI Jakarta yang sudah menerangi semua wilayahnya. “Baru Jakarta yang sudah 100%, Jabar mudah-mudahan bisa menyusul,” pungkasnya. (ang/inilah)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (8 votes, average: 8,88 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Gubernur Tokyo, Yuriko Koike. (aljazeera)

Ternyata Gubernur Tokyo, Yuriko Koike, Fasih Berbahasa Arab

Organization