Home / Berita / Nasional / Perusahaan Suka-suka Pasang Label Halal Karena RUU Belum Disahkan

Perusahaan Suka-suka Pasang Label Halal Karena RUU Belum Disahkan

Ma’ruf Amin Ketua MUI. (inet)

dakwatuna.com – Jakarta. Ketua Majelis Ulama Islam (MUI), Maruf Amin mengatakan, sudah menjadi tugas MUI dalam memberi sertifikasi produk halal sebuah produk. Namun, untuk masalah labelisasi, pengawasan dan penindakan sanksi ada pada pemerintah.

“Karena RUU belum disahkan, jadinya belum wajib. Akhirnya perusahaan jadi suka-suka,” ujarnya, Ahad (9/12), seperti yang dilaporkan Republika.

Dia menjelaskan, dalam sertifikasi sebuah produk, ada dua hal yang ditangani MUI, yaitu soal audit atau pemeriksaan dan fatwa. Dia mengatakan seharusnya pemerintah mewajibkan sertifikasi halal pada produk melalui undang-undang, sebagai penanda ada peningkatan, yang dulunya tidak wajib, sekarang harus diwajibkan. “Ini dilakukan sebagai langkah perlindungan konsumen,” ujarnya.

RUU jaminan produk halal kembali molor dan tidak disahkan tahun ini. Alasannya belum adanya kesepakatan seperti apa sifat sertifikasi halal dan lembaganya. (Djibril Muhammad/Riana Dwi Resky/ROL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Jalan Terjal RUU Larangan Minuman Beralkohol