Home / Berita / Nasional / Ketua MK: Konstitusi Indonesia Sesuai Syariat Islam

Ketua MK: Konstitusi Indonesia Sesuai Syariat Islam

Ketua MK Mahfud MD. (JPPN)

dakwatuna.com – Indramayu. Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menuturkan, konstitusi negara Indonesia sesuai dengan Syariat Islam, jadi bagi siapa yang menganggap perlunya negara Indonesia berasaskan Islam, berarti mereka belum memahami substansi konstitusi RI.

Mahfud MD menjabarkan. Konstitusi negara Indonesia adalah bagian dari amaliah pancasila, sedangkan pancasila digarap dengan peran aktif para Kiai di dalamnya, seperti KH Hasyim Asy’ari dan para kiai lainnya yang benar-benar menguasai substansi syariat Islam.

“Indonesia memang tidak blak-blakan menerapkan asas negara Islam, tapi mengamalkan pancasila adalah bentuk dari kewajiban bernegara, dan sesuai dengan tuntunan Islam,” kata Mahfud yang juga masih aktif mengajar di perguruan tinggi itu.

Ditambahkan, orang-orang yang menggembor-gemborkan berdirinya negara Islam atau Khilafah di Indonesia dan menganggap pancasila tidak sesuai Syariat Islam, fenomema itu adalah akibat mentahnya mereka dalam memahami substansi konstitusi Negara RI.

Di sisi lain, KH Sholahuddin Wahid( Gus Sholah) Pengasuh pesantren Tebuireng , Jombang mengungkapkan, banyak perilaku pelanggaran konstitusi aspek moral para pejabat, seperti banyaknya pejabat yang nikah sirri. (Andika Primasiwi,RED/CN26/JBSM/SMCN)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 9,75 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Mentah? Atas dasar apa seperti itu?

    • fajrianur

      Kiai yg merumuskan pancasila bermahzab imam syafii,baca lg perilaku dan tatacara imam safii dlm megajarkan islam..kalo ente paham,baru ente blg ya,tanpa bingung2..

      • kiai kok memilih pancasila dari pada AL-QUR’AN DAN SUNNAH!memang ISLAM bukan kiai dan kiai belum tentu ISLAM!

        • fajrianur

          Jawaban mentah pula ini…hanya bs menilai dr luarnya saja…byk belajar lagi tentang ilmu murid sholeh kepada sang guru..

          • Wila Salam

            Fajrianur…anda lah yg harus banyak belajar lagi, guru itu bukan hanya yg ada di sekolah, klo paham tanpa elmu itu namanya TAKLID.

      • PANCASILA itu absurd…. gak bisa disamain ama syaroat islama……. Siapa tuhan pancasila? Gaje kan?? Ok, dalam uud menyebut Allah sebagai tuhan, tapi pancasila gak menerapkan aturan yang berasal dari Al Qur’an, dan sunnah serta ijma’ …… Sumber Dari pancasila ialah otak manusia yang lemah, Khilafah sumbernya dari Allah tuhan semesta Alam…. Mana yang yang salah ? Problem?

        • fajrianur

          Ya ini contoh jawaban,org yg berpikir mentah..bs menilai dr luarnya saja..kiayi jaman dahulu kemerdekaan yg merumuskan pancasila kredibel dan pola pikirnya,jauh lbh bersih,sehingga mnghasilkan nilai2 yg bersih pula..

          • Wila Salam

            Fajrianur, seharusnya merumuskan hukum, ideologi, dan undang2 itu dapat berlaku untuk segala jaman, bukan hanya untuk/pd jamannya para kiayi yg merumuskan pancasila dizaman baheula…emang Indonesia hanya akan hidup sampai seumuran kiayi2 itu??? bagaimana dengan anak cucu kita nantinya???

          • Wila Salam

            Hukum Allah SWT lah yg Maha Benar, berlaku untuk semua jaman, semua kondisi, semua bangsa, karena Allah sang Pencipta, maka hanya Allah yg tahu hukum2 yg tepat untuk makhluk-Nya.

  • pancasial kok sesuai islam…..!

  • rizkya

    syariet islam ????????????.. syareat HAM kali pak,,,,,

  • rizal

    semoga

Lihat Juga

Pelajar muslim

Dunia Islam Perlu Mendukung AS