Home / Berita / Daerah / Ahmad Heryawan: UMKM Jangan Betah dengan Status Mikro

Ahmad Heryawan: UMKM Jangan Betah dengan Status Mikro

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. (inilah.com/Syamsuddin Nasoetion)

dakwatuna.com – Bandung. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meminta pada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tak mudah puas dalam melakukan kegiatan usaha.

Setiap tahapan skala usaha perlu dilalui dengan semangat tinggi demi menjadi pelaku usaha berskala besar.

“UMKM hanyalah batu loncatan seorang wirausaha memperluas skala bisnis dan omzetnya,” ujar Heryawan usai membuka acara Diskusi Ekonomi Optimalisasi UMKM yang diprakarsai Forum Diskusi Wartawan Ekonomi Bandung (Fordisweb) di Hotel Newton, Jalan LRE Martadinata, Kota Bandung, Rabu (5/12/2012).

Menurutnya, sektor UMKM memiliki peran penting dalam menumbuhkan perekonomian Jabar. Karena itu, perlu ditumbuhkan minat warga untuk menjadi pelaku usaha.

Selain itu, jelasnya, perubahan paradigma pemikiran dari pekerja ke pengusaha menjadi bagian terpenting. Gerakan wirausaha harus jadi bagian yang tepat untuk mengubah hidup masyarakat.

Heryawan berharap semangat pelaku usaha perlu terjaga agar tidak mudah putus asa. Penjagaan semangat itu sebaiknya terfokus pada sektor mikro.

“Size ekonomi mikro ini hanyalah size sementara, jika ada semangat yang kuat dia bisa memperbesar usahanya,” katanya.

Untuk meningkatkan skala, Heryawan meminta pelaku UMKM harus memiliki target waktu. Perencanaan menjadi bagian penting dalam proses pengembangan usaha.

“Jangan betah dengan status mikro,” bebernya.

Selain Gubernur, acara diskusi tersebut dihadiri pula Sekretaris Daerah Kota Bandung Edi Siswadi, Asisten Daerah Perekonomian dan Pembangunan Wawan Ridwan, Ketua Kadin Jabar Agung Suryamal Sutisno, Direksi BJB dan para pelaku ekonomi Jabar. (ito/inilah)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 8,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (Foto: dolmetscher-avdimetaj.com, Modifikasi: dakwatuna.com/hdn)

Haruskah UMKM Menerapkan Prinsip Islam?