Home / Berita / Nasional / Bank Syariah Siap Naikkan Uang Muka Kredit Motor

Bank Syariah Siap Naikkan Uang Muka Kredit Motor

Ilustrasi. (inet)

dakwatuna.com Direktur Utama PT Bank Syariah Mandiri, Yuslam Fauzi, menyambut baik kebijakan Bank Indonesia yang menaikkan uang muka kredit kendaraan bermotor (KKB) dan loan to value kredit pemilikan rumah (KPR) terhadap bank syariah. Bahkan, BSM sudah menerapkan aturan tersebut sejak BI menaikkan kebijakan uang muka terhadap bank konvensional.

“Perbankan syariah saya rasa siap dengan kebijakan ini,” ujar Yuslam di Jakarta, Rabu 5 Desember 2012.

Menurut dia, kebijakan tersebut tidak ada hubungannya dengan gelembung (bubble) ekonomi di Indonesia. Namun, lebih karena pesatnya pertumbuhan kelas menengah Indonesia. “Sehingga permintaan KPR dan KKB cukup tinggi,” ujarnya.

Untuk itu, dia menambahkan, kenaikan kebijakan uang muka tersebut perlu agar tak terjadi spekulasi harga para developer guna mengambil keuntungan.

Seperti diketahui, BI akan mulai memberlakukan aturan kenaikan down payment dan loan to value Syariah mulai 1 April 2013.

“Kami melihat adanya kenaikan pada permintaan KPR dan KKB di industri syariah. Trennya pun menunjukkan kenaikan 3 hingga 4 persen per bulan (mtm),” kata Direktur Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia, Edi Setiadi, di gedung BI, Jakarta, Jumat 23 November 2012.

Menurut dia, kenaikan uang muka KPR dan KKB tidak jauh berbeda dengan industri perbankan konvensional. Uang muka di bank syariah sedikitnya 25 persen untuk pembelian kendaraan roda dua atau tiga.

Sementara itu, uang muka minimal 30 persen untuk pembelian kendaraan bermotor roda empat untuk keperluan non produktif. Sedangkan uang muka paling kurang 20 persen guna pembelian kendaraan bermotor roda empat. (art/vivanews)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

bank syariah

Good Corporate Governance (GCG) di Bank Syariah dan Bank Konvensional

Organization