Home / Berita / Internasional / Asia / Inggris dan Perancis Ancam Tarik Dubes dari Israel

Inggris dan Perancis Ancam Tarik Dubes dari Israel

Permukiman ilegal Yahudi di Tepi Barat dekat Yerusalem (Al-Quds), 7 Juni 2012. (REUTERS/Ronen Zvulun/Files)

dakwatuna.com – London. Negara-negara Eropa menyuarakan protesnya terhadap rencana Israel memperluas wilayah pemukiman di sekitar Tepi Barat (Palestina) dan Jerusalem Timur. Rencana Israel di bawah pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu itu dinilai dapat memperburuk hubungan Israel-Palestina.

Inggris dan Perancis adalah dua negara yang paling keras menunjukan penolakan. Kedua negara anggota Uni Eropa itu bahkan mengancam akan menarik duta besar mereka dari Tel Aviv, ibukota Israel.

“Kami telah menyerukan agar pemerintah Israel memikirkan kembali kebijakan mereka. Jika mereka nekad meneruskan maka akan ada reaksi keras,” ujar juru bicara Deplu Inggris seperti dikutip Reuters, Senin (3/12).

Kedua negara juga telah memanggil Duta Besar Israel di wilayahnya untuk membicarakan masalah ini. Keputusan untuk menarik dubes akan bergantung pada hasil pembicaraan antara pemerintah Israel dan negara-negara sahabat termasuk AS dan Uni Eropa.

Sementara itu Jerman dan Rusia juga menyuarakan kekhawatiran yang sama. Kedua negara ini meminta Israel untuk mempertimbangkan kembali keputusannya.

Keputusan untuk mengekspansi pemukiman di Tepi Barat dan Jerusalem Timur datang hanya satu hari setelah PBB mengangkat status Palestina menjadi negara non-anggota. Rencana ini dianggap sebagai bentuk protes Israel terhadap keputusan organisasi internasional tersebut.

Perluasan pemukiman di sekitar wilayah Palestina bukan baru kali ini dilakukan Israel. Negara Zionis itu secara rutin melakukan hal ini sejak berakhirnya perang 1967. Langkah ekspansif ini selalu mengundang kecaman dari dunia Internasional bahkan dari sekutu terdekat Israel, Amerika Serikat. (dil/jpnn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Stadium general di aula Universitas Islam As-Syafiiyah. (aspacpalestine.com)

Peringati Hari Solidaritas Palestina, ASPAC for Palestine Gandeng UIA Gelar Stadium General