Home / Berita / Internasional / Asia / DPR RI Adalah Parlemen Asing Pertama yang Berkunjung ke Palestina

DPR RI Adalah Parlemen Asing Pertama yang Berkunjung ke Palestina

Ilustrasi. (inet)

dakwatuna.com – Kairo. Ketua Dewan Nasional Palestina Salim Al Zaim mengatakan DPR-RI tercatat sebagai parlemen asing pertama yang berkunjung ke Jalur Gaza dan Tepi Barat, Palestina pascakeputusan PBB yang menaikkan status misi Palestina di badan dunia itu menjadi pengamat.

“Kami berterima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kunjungan DPR-RI ke Palestina. Ini merupakan parlemen asing pertama berkunjung ke negara kami, setelah PBB menerima usulan kami untuk menaikkan status misi Palestina,” kata Al Zaim saat menerima delegasi DPR-RI di Amman, Jordania, Minggu (2/12).

Al Zaim merujuk pada Sidang Majelis Umum PBB pada Kamis (27/11) lalu dengan suara mayoritas mensahkan peningkatan status misi Palestina di PBB dari kesatuan menjadi negara pengamat yang merupakan pengakuan simbolik untuk meratakan jalan menuju Palestina Merdeka.

“Pertemuan Dewan Nasional Palestina dan delegasi DPR-RI itu berlangsung hangat,” kata Ketua Kaukus Parlemen untuk Timur Tengah, Komisi I DPR-RI, Muhammad Najib. “Dalam pertemuan tersebut kedua pihak bertukar pikiran untuk memperkuat hubungan bilateral.”

Selain Dewan Nasional Pelestina, delegasi DPR juga bermuhibah dengan Menteri Urusan Parlemen Jordania, Bassam Haddin.

Menurut Najib, dalam pertemuan itu Menteri Haddin bercerita panjang lebar tentang reformasi damai yang dilakukan Jordania, salah satu negara yang terimbas Revolusi Musim Panas Arab.

“Beliau (Haddin) juga menyampaikan kekagumannya atas reformasi di Indonesia yang dinilainya sukses, sehingga Jordania ingin belajar dari Indonesia,” katanya.

Delegasi DPR pimpinan Ketua Komisi I, Mahfudz Siddiq ke Palestina itu beranggotakan tujuh orang, yaitu selain Mahfudz (PKS) dan Najib (PAN), juga Effendi Choiri (PKB), Meutia Hafiz (Golkar), Yahya Stjawirya (Demokrat), Yoris Raweyai (Golkar), dan Mustafa Kamal (PKS).

Sebelumnya, delegasi DPR berkunjung ke Gaza dan bertemu dengan Perdana Menteri Hamas Ismail Haniyah dan jajaran pimpinan parlemen Palestina.

Sementara itu, Presiden Palestina Mahmoud Abbad dijadwalkan akan menerima kunjungan delegasi DPR-RI di Ramallah, Tepi Barat, pada Senin (3/12).

Presiden Abbas yang baru tiba di Amman dari New York pada Ahad (2/11) dan langsung bertemu dengan Raja Jordania Abdullah II. (Ant/OL-11/MICOM)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Jazuli Juwaini, Anggota Komisi I DPR RI.

DPR: Indonesia Memiliki Modal Kuat untuk Selesaikan Konflik Rohingya