11:41 - Rabu, 22 Oktober 2014

PP Persis: Dana Talangan Haji Harus Dihentikan karena Haram

Rubrik: Nasional | Kontributor: dakwatuna.com - 02/12/12 | 20:38 | 18 Muharram 1434 H

Ilustrasi – Calon Jamaah Haji.

dakwatuna.com – Persatuan Islam (Persis) menilai bahwa dana talangan haji haram.

”Dari hasil Sidang Dewan Hisbah, kami meminta agar pemerintah menghentikan praktik dana talangan haji, karena haram,” tandas Sekretaris Umum Impinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis) Irvan Safrudin di sela-sela Mukernas III PP Persis di Bandung, Sabtu (1/12), demikian laporan Republika.

Irvan menegaskan bahwa dana talangan haji ini harus dihentikan. Karena mengganggu sistem pembinaan pada umat. ”Ibadah haji itu prinsipnya tidak memaksakan, namun berdasarkan kemampuan,” papar Irvan. Sehingga menurut Irvan, kalau memang seseorang belum mampu untuk menunaikan ibadah haji, tidak perlu untuk dipaksa-paksa atau didorong-dorong dengan kemudian menggunakan dana talangan.

Selain itu, Mukernas yang dihadiri pimpinan pusat, pimpinan wilayah serta anggota Persis dari seluruh Indonesia ini, juga merekomendasikan bagi kalangan internal Persis untuk pengembangan ekonomi di daerah-daerah. ”Ini antara lain nantinya untuk pendanaan organisasi juga,” tutur Irvan.

Persis juga terus mengirimkan dan memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi untuk menimba ilmu di luar negeri. ”Antara lain ke Timur Tengah,” kata Irvan. Persis juga merencanakan untuk membangun kampus Persis.

”Untuk itu kami merencanakan untuk membuat program wakaf tanah serta program wakaf tunai,” kata Irfan. Mukernas III PP Persis ini dibuka Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pada Jumat (30/11) dan berakhir pada Ahad (2/12). (Taufik Rachman/rachmat santosa/ROL)

Redaktur: Hendra

Topik:

Keyword: , , , , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (1 orang menilai, rata-rata: 10,00 dalam skala 10)
Loading...Loading...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
  • agus

    Wah pengurus persis kayaknya gak faham konsep talangan ya. Kl dasar mengharamkan talangan haji hanya paksaan menurut saya tidak tepat karena setahu saya tidak ada Paksaan dalam talangan haji. Konsepnya dipelajari dulu baru bilang haram. Ckckckckckck

    • http://www.facebook.com/people/Abu-Zalfa/1740013511 Abu Zalfa

      masak mas….Anda orang bank ato bersinggungan dengan lalu lintas uang pasti. Talangan haji tuh sales2nya pada menyebarkan ‘jualannya’ itu, dengan berbagai cara yang bisa dalam arti ‘memaksa’. Sejak adanya talangan itu, antrean haji menjadi KACAU balau. masak harus antre hingga 10 tahun??? Lha kalo yang sudah lama ngumpulkan dan cukup utk haji tanpa pake DP, akhirnya harus ANTREee 10 tahun, apa GA DHOLIM itu??? Tanya anak SD…Rukun Islam Kelima tuh, NAIK HAJI BAGI yang mampu melaksanakan….nah kalo belum diberi rejeki lebih utk HAJI…Ya ga usah MEKSO utang2 utk DP via Talangan dan Masih harus MELUNASI sisanya (itupun kalo mampu, -rasionalisasinya- lha wong DPnya wae dah utang masak Pelunasannya bisa….banyak tuh yang akhirnya mundur…)…..So, LEGOWO waelah….ga usah kesusu….Toh, ga DARURAT sifatnya…..Kecuali kalo sakit jantung ga duwe duit itu baru ngutang……Allah Ta’ala tahu kok kemampuan hambaNya…makanya HAJI TIDAK HARUS DILAKUKAN SEMUA ORANG kalo memang blm punya kecukupan finansial.

Iklan negatif? Laporkan!
70 queries in 1,286 seconds.