Home / Berita / Nasional / Sudah 19 Negara Pastikan Ikut Islamic Solidarity Games di Pekanbaru

Sudah 19 Negara Pastikan Ikut Islamic Solidarity Games di Pekanbaru

Lambang Islamic Solidarity Games (ISG) ke-3. (inet)

dakwatuna.com – Jakarta. 19 dari 57 negara anggota Islamic Solidarity Sport Federation (ISSF) sudah dipastikan ikut berpartisipasi dalam even olahraga Islamic Solidarity Games (ISG) III yang bakal berlangsung di Pekanbaru, Riau, 6-17 Juni 2013 mendatang. Kepastian keikutsertaan 19 negara tersebut diketahui setelah mendaftarkan para atlet dan official-nya ke panitia ISG.

Gubernur Riau Rusli Zainal mengungkapkan, sampai hari ini sudah tercatat 19 negara dengan total 3.233 delegasi yang sudah mendaftarkan diri mengikuti ISG “Tapi waktunya (sisa masa pendaftaran,red) masih panjang,”” ujar Rusli kepada pers usai mengikuti papat koordinasi panitia nasional dan daerah di Kantor Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Jakarta, Kamis (29/11).

Hadir pada kesempatan tersebut antara lain Ketua KOI Rita Subowo, Deputi V Bidang Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kemenko Kesra Sugi Hartatmo, serta perwakilan dari 22 kementerian dan lembaga yang terkait dalam Keputusan Presiden (Kepres) tentang penyelenggaraan ivent olahraga internasional tersebut. “”Rapat ini dalam rangka koordinasi pemantapan penyelengaraan ISG,”” terang Rusli

Berdasarkan data yang dikantongi Rusli, Iran dan Irak menjadi negara dengan peserta terbanyak, yakni masing-masing 325 orang. Selanjutnya ada Malaysia (299), Kuwait (284), Maroco (281), Tunisia (280), Syria, (241), Oman (204), Brunei Darussalam (197), Tunisia (180), Ukanda (172), Meldives (122), Pakistan (122), Yaman (112), Bahrain (49), Benin (48), Gambia (27), Libya (23) dan Guyana (18).

Pada rakor itu, lanjut Rusli, pihaknya menginventarisir tugas pokok, masalah-masalah dan kebutuhan yang menjadi prioritas seperti masalah IT (information technology), opening ceremony dan closing ceremony. “Ini sebelum menghadapai rakor yang lebih besar dengan Menko Kesra dan menteri terkait lainnya,” sambung gubernur di provinsi yang baru saja menghelat Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII itu.

Dipaparkannya pula, pada ISG juga akan digelar Investment and Business Forum, Cultural Event, serta Festival Anggrek yang juga diikuti negara-negara peserta ISG. Sebagai informasi, ISG bakal mempertandingan 17 cabang olahraga (Cabor), yaitu Atletics, Archery, Aquatic, Badminton, Basketball (U-23), Football (U-23), Gymnastics, Karate, Pencak Silat, Sepak Takraw, Sport Climbing, Taekwondo, Tennis, Traditional Boad Race, Volleyball Indoor dan Beach Volley, Weightlifting serta Wushu. (afz/jpnn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (vm-kompania.com)

Berkaca Dari Laporan atau Review Audit Syariah di Berbagai Negara

Organization