Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Sekjen PBB: Palestina Butuh Status Baru

Sekjen PBB: Palestina Butuh Status Baru

Sekjen PBB, Ban Ki-Moon. (Reuters Picture)

dakwatuna.com – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-Moon mengatakan Palestina butuh memperoleh status “non member observer state” di PBB. Dengan begitu, dunia bisa untuk memulai mewujudkan perdamaian bagi rakyat Palestina, sekaligus juga bagi Israel.

“Kedua negara tersebut butuh bernegosiasi. Tapi justru negosiasi itulah yang paling sulit dilakukan, mengingat kondisi yang terjadi sekarang,” katanya sebagaimana rilis yang diterima Tempo, Kamis, 29 November 2012.

Ki-Moon merasa semakin prihatin soal konflik Palestina-Israel. Sebab, dalam kunjungannya ke Timur Tengah baru-baru ini ia mengaku melihat lagi potensi kehancuran, terutama terhadap warga sipil, akibat tak adanya resolusi permanen terhadap konflik yang berkembang di sana. “Juga soal peningkatan kekerasan pemukim yang mengakibatkan terlukanya warga Palestina dan kerusakan harta benda,” ujarnya.

Besok pagi waktu setempat akan ada pemungutan suara di Perserikatan Bangsa-Bangsa soal status Palestina. Jika banyak suara mendukung Palestina, status Palestina di PBB akan berubah menjadi “non member observer state”, dari yang sebelumnya “non member observer entity”.

Dari kenaikan status tersebut, menurut Hasan, setidaknya PBB melakukan resolusi. Sebab, bisa jadi status tersebut merupakan pengakuan internasional bagi Palestina sebagai suatu negara. (MUHAMAD RIZKI/TI)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 10.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Opick: Jangan Berhenti Bantu Rakyat Palestina!

Figure
Organization