Topic
Home / Berita / Internasional / Eropa / Jerman Segera Miliki Bank Syariah Pertama

Jerman Segera Miliki Bank Syariah Pertama

Kuveyt Turk, bank syariah asal Turki. (ROL)

dakwatuna.com – Istanbul. Bank pembiayaan Turki, Kuveyt Turk, tengah mengajukan permohonan izin operasi di Jerman. Bila izin keluar, bank tesebut akan menjadi bank syariah pertama di kekuatan ekonomi terbesar di Eropa tersebut.

Chief Executive Kuveyt Turk, Ufuk Uyan, mengatakan kepada Reuters perusahaan tengah menunggu tanggapan dari pengawas keuangan Jerman, Bafin. Diharapkan proses aplikasi bisa selesai tahun depan sehingga perusahaan itu bisa segera beroperasi.

“Kami ingin membuka cabang di Jerman dan jika model ini berhasil kami berencana akan mempertimbangkan untuk membuka cabang di negara lain,” kata Uyan, Kamis (29/11). Investasi awal untuk pembukaan satu cabang di Jerman mencapai 45 juta euro.

Sistem keuangan syariah merupakan sistem perbankan yang melarang adanya bunga dan spekulasi. Kuveyt Turk hadir untuk menekan permintaan kehadiran perbankan syariah 4 juta penduduk Eropa. Eropa merupakan wilayah dengan komunitas Muslim terbesar kedua di dunia.

Kebanyakan dari mereka berasal dari Turki. Ditambah lagi perbankan konvensional sudah meretakkan kepercayaan masyarakat karena tergerus krisis. “Kami ingin memainkan peran dalam pertumbuhan ini segmen kecil dan menengah,” kata Uyan.

Kuveyt Turk memperkirakan peningkatan 30 persen dari deposito dan 15 persen untuk pembiayaan hingga akhir tahun ini. Pada 2013 perusahaan mengharapkan terdapat peningkatan sebesar 15 persen secara keseluruhan.

Uyan mengungkapkan perusahaan juga tengah merencanakan penambahan modal sekitar 950 juta lira atau 530 juta dolar tahun depan. Perusahaan yang baru saja menerbitkan sukuk 350 dolar ini berencana akan membentuk unit pensiun. (Ajeng Ritzki Pitakasari/Friska Yolandha/ROL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 9.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Muhammad Jadi Nama Paling Populer di Berlin dan Sejumlah Kota di Eropa

Figure
Organization