Topic
Home / Berita / Daerah / NU Jatim Bertekad Satu Suara di Pilgub

NU Jatim Bertekad Satu Suara di Pilgub

Logo Nahdlatul Ulama (NU). (inet)

dakwatuna.com – Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama Jawa Timur akan mengikhtiarkan warga NU kompak dalam mendukung satu calon pada Pilgub Jatim 2013.

“Targetnya bukan menang atau kalah, melainkan warga, pengurus, kiai, dan tokoh NU dapat diselamatkan atau tidak terpecah,” kata Humas PWNU Jatim, Noor Hadi.

Ikhtiar itu merupakan sebagian materi pembahasan dalam rapat pleno yang dihadiri Rais Syuriah PWNU Jatim KH Miftakhul Akhyar, KH Anwar Mansur, KH Abdul Mathin, KH Ali Masyhuri, KH Nuruddin, KH Syafruddin serta seluruh jajaran Tanfidziah di Kantor PWNU Jatim, Rabu.

Selain membahas Konferensi Wilayah (Konferwil) yang akan dimajukan pada bulan Mei mendatang, rapat gabungan itu juga membahas tentang perkembangan sosial politik di Jatim menjelang Pilgub Jatim 2013.

“Belajar dari pengalaman, PWNU mengambil sikap prioritas utama menyelamatkan NU dari perpecahan, terutama internal pengurus PWNU Jatim harus satu tujuan,” katanya.

Hal itu sesuai dengan fungsi NU dibentuk yakni untuk mempersatukan langkah para ulama dan pengikutnya dalam melakukan kegiatan yang bertujuan menciptakan kemaslahatan masyarakat, kemajuan bangsa dan meningkatkan harkat martabat manusia.

Dalam menghadapi perkembangan politik seperti pemilihan Gubernur (PilGub) Jawa Timur 2013, PWNU Jatim akan mengumpulkan PCNU, kiai dan para ulama se-Jatim agar satu suara untuk satu calon.

“Satu calon untuk perekat organisasi, para kiai, dan jamaah NU yang tersebar di seluruh Jatim. NU Jatim akan memutuskan satu calon saja yang tidak memecah-belah NU,” katanya.

Pengalaman Pilgub 2008, para kiai terpecah antara Karsa (Karwo-Saiful) dan Kaji (Khofifah-Mujiono) sampai berlangsung lama, apalagi kemenangan Karsa juga tidak banyak membawa kemaslahatan bagi NU, bahkan sebagian kiai juga dikecewakan Karsa.

“Seperti tidak mendengarkan lagi kata para kiai setelah jadi Gubernur. Maksudnya kiai ditinggal begitu saja, seperti pepatah ‘habis manis sepah dibuang’,” katanya.

Untuk itu, PWNU Jatim akan menyatukan kiai NU yang mendukung Karsa dan Kaji semaksimal mungkin, karena NU Jatim tidak pernah berpikir soal menang atau kalah dalam Pilgub.

“PWNU justru memikirkan dampak dari Pilgub. Pengalaman Pilgub Jatim sebelumnya seperti banyak warga NU mengatakan ‘Bedanya Pilkada sama Pilkabe (pil KB) adalah kalau Pilkabe jika lupa maka jadi, maka kalau Pilkada jika jadi menjadi Lupa,” katanya, mengibaratkan.

Meski pertemuan-pertemuan dilakukan oleh orang NU, baik tokoh politik NU, Partai politik berbasis NU, PWNU Jatim hanya mengingatkan agar jangan sampai memecah belah warga NU, terlebih lagi kiai.

“NU Jatim yang mempunyai basis massa terbanyak di Jawa Timur, akanengarahkan satu calon setelah para kiai khos, tokoh NU, kiai sepuh serta pengurus PCNU se Jatim menyetujuinya,” katanya. (Heri Ruslan/Antara/ROL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 8.50 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Pidatonya Dinilai Provokatif, Kapolri Akan Bertemu Ormas Islam

Figure
Organization