Home / Berita / Internasional / Asia / Israel Perolok Upaya Palestina di PBB via Kartun

Israel Perolok Upaya Palestina di PBB via Kartun

Cuplikan kartun Israel yang olok-olok Abbas. (Youtube)

dakwatuna.comPemerintah Israel melalui Kedutaan Besarnya di Amerika Serikat memperolok upaya Presiden Mahmoud Abbas menaikkan status Palestina di PBB. Olok-olok ini disampaikan Israel melalui kartun yang menegaskan bahwa upaya Abbas akan sia-sia.

Dilansir kantor berita al-Arabiya, Senin 26 November 2012, dalam kartun yang diunggah di Youtube tersebut, digambarkan Abbas sebagai supir bus yang tengah menuju markas PBB. Gambaran ini sesuai dengan langkah Abbas pekan ini yang akan kembali mengajukan peningkatan status ke PBB.

Namun, dalam perjalan busnya, Abbas menemui berbagai rintangan dan rambu-rambu peringatan. Salah satu rambu bertuliskan kutipan dari Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu: “Kami ingin menciptakan perdamaian jangka panjang.”

Rambu lainnya mengutip perkataan Presiden AS Barack Obama: “Perdamaian hanya bisa tercapai melalui negosiasi.”

Walaupun banyak ancaman dan rambu-rambu, namun Abbas yang terlihat kocak dalam kartun itu tetap bergeming. Di akhir perjalanan, terdapat persimpangan, sebelah kanan ke PBB sebelah kiri perdamaian.

Rambu PBB menunjukkan arah sebuah kota yang hancur akibat perang, dengan api dan asap yang masih mengepul. Sementara jalan damai, menurut Israel, akan menjadi wilayah berpadang rumput hijau, seperti syurga.

Kartun ini seakan-akan memberikan peringatan pada Abbas bahwa upayanya di PBB malah akan semakin membuat Palestina semakin menderita. Sebelumnya pada upaya Abbas di PBB yang gagal tahun lalu, Palestina terkena sanksi dari Israel dan AS.

Israel mengancam akan menarik pajak upeti dari pemerintah Palestina. Sementara itu, AS sebagai negara pendonor terbesar Otoritas Palestina, memotong bantuannya. Menurut AS, hal ini dilakukan karena Unesco sebagai badan PBB telah menerima Palestina sebagai anggota, sebelum kesepakatan damai tercapai. (eh/vivanews)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Aksi Solidaritas Palestina oleh LDK SSP STEI SEBI yang berlokasi di Car Free Day, Jakarta. Ahad (27/11/2016).  (Ahmad Jundi Taqiyuddin/LDK SSP STEI SEBI)

Aksi Solidaritas Untuk Palestina di Car Free Day Jakarta

Organization