Home / Berita / Internasional / Asia / 5000 Massa PKS Surabaya Galang Dana Rp 1,3 Miliar untuk Palestina

5000 Massa PKS Surabaya Galang Dana Rp 1,3 Miliar untuk Palestina

(Dok. PKS Surabaya)

dakwatuna.com PKS Surabaya serukan kemerdekaan untuk rakyat Palestina. Aksi solidaritas yang bertemakan “Surabaya Love Palestine”, bertempat di Jalan Depan Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo Surabaya, (25/11 siang,) diikuti sedikitnya 5000 kader dan masyarakat Surabaya. Aksi yang juga diikuti penggalangan dana juga menuntut agar pemerintah Indonesia dapat mengambil peran aktif untuk membantu Palestina hingga menjadi negara merdeka yang berdaulat.

Ketua PKS Surabaya, Ibnu Shobir mengatakan, aksi ini menunjukkan hubungan batin yang erat antara warga Surabaya yang terkenal dengan 10 November 1945 nya,  dengan rakyat Palestina yang kini dijajah Israel. “ Kami mengutuk tindakan Israel, tidak hanya serangan yang menewaskan 165 warga sipil dan melukai 1000 anak-anak dan perempuan, tapi PKS sejak awal menuntut agar penjajahan terhadap Palestina dihentikan.” ungkap Shobir.

Aksi ini juga dihadiri oleh anggota DPR RI Fraksi PKS Rofi Munawar dan Sigit Sosiantomo, Ketua DPW PKS Jatim Hamy Wahjunianto dan Anggota DPRD Surabaya dari PKS, di antaranya Akhmad Suyanto, Reni Astuti dan Fatkur Rohman. Dalam Aksinya, PKS menyeru dunia internasional termasuk pemerintah RI untuk berperan aktif dalam membantu Palestina. “ Dari target 1 milyar dana bantuan untuk Gaza, sampai siang ini tembus 1 Milyar 300 juta rupiah dari seluruh Jawa Timur untuk dikirim ke Palestina dan akan terus tambah.” Ungkap Shobir yang juga alumni Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang ini.

Dana ini akan diserahkan relawan jawa timur yang akan berangkat ke Gaza bersama rombongan Fraksi PKS DPR RI dan lembaga kemanusiaan, awal pekan depan. Penggalangan dana juga dilakukan dalam bentuk lelang barang-barang asli Palestina, seperti hiasan meja, pakaian dan kerajinan asal Gaza. “ Bahkan ada yang sampai menawar hingga 50 juta untuk semua barang” ujar Shobir.

(Dok. PKS Surabaya)

Aksi yang dimulai dengan long march yang dipimpin barisan relawan PKS yang siap diberangkatkan ke Palestina. Juga menyertai devile barisan Perempuan Peduli anak-anak dan perempuan Palestina, kafilah “Suro dan Boyo peduli Palestina” serta massa peserta aksi. Solidaritas ditutup dengan teatrikal yang berisi tuntutan perdamaian dan kemerdekaan bagi Palestina. Aksi juga diikuti komunitas bonek peduli.

Anggota DPRD Surabaya dari  PKS, Reni Astuti mengatakan, aksi ini juga mewakili suara kaum perempuan di Surabaya, yang prihatin terhadap nasib anak dan perempuan korban perang di Gaza. “ Kami menuntut agar PBB dan dunia internasional menyeret Israel ke Mahkamah Internasional karena telah banyak menewaskan anak-anak dan perempuan termasuk lansia di Gaza. “ lanjut Reni. Hari ini PKS Surabaya juga mengajak perwakilan elemen perempuan untuk peduli Palestina. (ist)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (8 votes, average: 8,88 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Sebelum Lengser, Obama Diminta Mantan Presiden AS Ini Akui Negara Palestina