Home / Berita / Silaturahim / Momentum Hijriah, IKMI dan FLP Johor Gelar Pelatihan untuk TKI

Momentum Hijriah, IKMI dan FLP Johor Gelar Pelatihan untuk TKI

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Peserta pelatihan komputer. (Choiriyah)

dakwatuna.comMomentum hijriah adalah momentum yang tepat untuk perbaikan diri. Dalam rangka memperingati tahun baru Islam, Forum Lingkar Pena (FLP) Johor dan Ikatan Keluarga Muslim Indonesia (IKMI) bekerja sama dengan UNIMIG (Union Migrant) Indonesia dan Dompet Dhuafa menyelenggarakan serangkaian acara pelatihan pada Kamis, 22 November 2012.

Pelatihan yang diadakan di dua tempat ini bertujuan untuk memberikan wadah aktivitas positif bagi para TKI untuk mempergunakan waktu liburnya dengan sebaik-baiknya. Sekadar informasi, kamis 22 November adalah hari libur nasional di Johor rangka hari jadi Sultan Johor.

Pelatihan-pelatihan yang dimaksud adalah pelatihan komputer (IKMI) dan pelatihan menulis (FLP). Pelatihan komputer diadakan di masjid Intan Abu Bakar Sri Pulai, Johor dihadiri 25 peserta dari beberapa kawasan. Hadir sebagai pembicara Reski Mai Candra, seorang kandidat master bidang IT Universitas Teknologi Malaysia (IT-UTM).

Pelatihan berlangsung dari pukul 10 – 4 sore. Materi yang disampaikan pada pelatihan ini adalah pengetahuan perangkat komputer, windows dan perkembangannya, cara menulis di MS word dan membuat blog. Di akhir materi dilakukan praktek membuat blog dibantu oleh beberapa tutor dari mahasiswa UTM.

Sementara itu ditempat yang lain, Forum Lingkar Pena (FLP) cabang Johor, Malaysia mengadakan Pelatihan Menulis Kisah Inspiratif.

Tujuan diadakan pelatihan ini adalah memberikan motivasi kepada para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk mengembangkan keterampilan menulis di sela-sela kesibukannya bekerja dan memberikan motivasi agar TKI bisa berkontribusi positif sebesar-besarnya pada masyarakat melalui tulisan.

FLP Johor yang berdiri sejak 27 Maret 2011, memiliki program kerja FLP Johor Goes To Kilang (Pabrik). Pelatihan menulis ini adalah salah satu program yang mendukung program kerja tersebut. Saat ini baru empat kawasan kilang yang bisa hadir dalam acara pelatihan menulis, yaitu kawasan VS Industri Senai, Celestica Taman Dasa, Venture Senai dan Taman Universiti.

Hadir dalam pelatihan ini 14 orang peserta yang kesemuanya adalah perempuan. Pelatihan menulis yang dimulai pukul 10 sampai pukul 1 siang ini dipandu oleh ketua FLP Johor langsung, Sri Widiyastuti. Materi yang disampaikan antara lain Sejarah kisah inspiratif, tips menulis kisah inspiratif, alur, plot, diksi dan praktek menulis.

Follow up dari kegiatan ini insya Allah akan diadakan lagi pelatihan menulis sebagai lanjutan dari pelatihan hari itu. Dan tulisan yang masuk akan dikumpulkan menjadi sebuah buku antologi.

Disela-sela kegiatan pelatihan menulis telah disebarkan kotak infak untuk mengumpulkan dana munasharah untuk Palestina. Alhamdulillah terkumpul dana sebesar RM200.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Choiriyah
Nama lengkap Choiriyah, lahir dan besar di kota Malang-Jawa Timur, domisili di Batam. Mulai ikut dunia tulis-menulis sejak duduk di bangku SMA, dan menang juara II Karya Ilmiah Remaja di Malang. Saat bekerja di perindustrian Batam, ikut aktif dalam pembuatan buletin dan berita perusahaan se-Asia. Mulai tahun 2011-2014 aktif di FLP Johor. Sekarang Aktif dalam FLP Batam. Semoga dapat lebih banyak berkarya untuk dakwah bil Qolam.

Lihat Juga

Ada Apa di Balik Mundurnya PM Turki Ahmet Davutoglu? (Momentum Kebangkitan 100 Tahun Turki)