22:56 - Kamis, 27 November 2014

Israel Diserang Hacker Indonesia, Indonesia Antisipasi Serangan Balasan

Rubrik: Asia, Nasional | Kontributor: dakwatuna.com - 23/11/12 | 01:35 | 07 Muharram 1434 H

Cuplikan salah satu situs Israel – horadot dot co dot il – yang tampilannya dideface menjadi tulisan “Sorry Admin Security is Very Low. Indonesia Merdeka. (c) 2012 Defaced by Gurindam Cyber Team”, dicuplik tanggal 23 November 2012. (hdn)

dakwatuna.com – Sejak pekan lalu Israel menginvasi kawasan Jalur Gaza, Palestina, yang dikuasai Hamas. Perang di dunia nyata pun berlanjut ke dunia maya. Didorong sentimen solidaritas sebagai sesama negara muslim, beberapa hacker Indonesia langsung menyerang beberapa server dan situs milik Israel.

Akibatnya, kemarin otoritas keamanan Internet Indonesia (Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure/ID-SIRTII) mengabarkan ada pemberitahuan dari otoritas Internet Israel, bahwa mereka bakal dilakukan serangan balasan terhadap DNS server Indonesia. Serangan ini rencananya menyasar domain-domain berakhiran .id.

Ketua Umum Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) Andy Budimansyah mengaku sudah mendengar informasi tersebut. Namun dari hasil pemeriksaan sementara, belum ada serangan dilancarkan hacker Israel ke domain Indonesia.

“Sejauh ini belum ada serangan (ke domain-domain .id), tapi kemarin memang ada notifikasi dari First Org, itu lembaga semacam ID-SIRTII-nya Israel,” ujarnya, sebagaimana diberitakan oleh merdeka.com, Kamis (23/11).

Dia menyebut hacker Indonesia sudah berhenti menyerang situs-situs Israel. Meski demikian, untuk berjaga-jaga PANDI langsung berkoordinasi dengan operator DNS untuk meningkatkan pengawasan dan mengawasi bila kemungkinan buruk terjadi.

“Kita monitor karena DNS kita tersebar di seluruh Indonesia dan di luar negeri, kita koordinasi dengan DNS yang dikelola Indosat, di GPN, di Australia, kita minta mereka membantu pemantauan, jika terjadi serangan kita usahakan ditutup (DNS server itu) sementara,” paparnya.

Andy menegaskan langkah hati-hati harus dipersiapkan. Walau lokasi DNS sudah tersebar, jika hacker Israel benar-benar menyerang balik akibatnya tetap merugikan. Karena DNS-lah yang menghubungkan pengguna internet dengan domain .id. Jika server ini mati, tentu situs-situs dengan nama domain khas Indonesia itu tak bisa diakses.

“Kalau server banking atau website-website yang melayani masyarakat tiba-tiba tidak bisa diakses, kan kasihan,” tuturnya.

DNS Server yang mengelola domain .id tersebar di pelbagai kota dan dikelola swasta. Namun titik lokasi terbanyak berada di Jakarta. Andy berharap serangan balasan itu nantinya sama sekali tidak terjadi. (noe/merdeka)

Redaktur: Hendra

Topik: ,

Keyword: , , , , , , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (50 orang menilai, rata-rata: 9,08 dalam skala 10)
Loading...Loading...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
  • http://twitter.com/duniabusa Dunia Busa

    SUbhanallah

  • http://www.facebook.com/masrizky Rizky Mukhlisin

    israel lagi sibuk diserang hacker puluhan negara, nyerang indonesianya gak sempet :D

  • http://www.facebook.com/RadjaJUN Teuku Junaidi

    jangan takuuuutt saudara-saudara,,cara antisipasi terbaik, 1.)duduk berlama-lama depaan monitor, 2.)pegang piso dapur, 3.)jika tiba-tiba bener diserang, 4.) maka cepat-cepat lah menusuk-nusuk monitor ampe ancur bratakan,,,,,,ahahahahahwkwkkkwkwkwkwkkkw

    • riko

      ada2 aja loh

  • irwan

    bravo… hacker indonesia…

  • http://www.facebook.com/khuzaimah2009 Leema July

    emang enak ? mudah2an banyak dukungan utk melawan israel….amin…..

  • http://www.facebook.com/safari.kukuh Safar Baton

    israel memang ,manusia terkejam saat ini, gak pernah bahagia bila tak bisa menyerang kaum lemah demi cita cita

  • pastrakalingga

    serang saja pakai hukum HAM, paling Israel akan berlindung dibalik kitabnya, Talmud, bahwa
    “Hanya orang-orang Yahudi yang manusia, sedangkan orang-orang non Yahudi bukanlah manusia, melainkan binatang.” (Kerithuth 6b hal.78, Jebhammoth 61a)
    “Orang-orang non-Yahudi diciptakan sebagai budak untuk melayani orang-orang Yahudi.” (Midrasch Talpioth 225)
    “Angka kelahiran orang-orang non-Yahudi harus ditekan sekecil mungkin.” (Zohar II, 4b)
    “Orang-orang non-Yahudi harus dijauhi, bahkan lebih daripada babi yang sakit.” (Orach Chaiim 57, 6a)
    Jadikanlah non yahudi sadar akan kerusakan akhlak yahudi yang memang tersistematis, semuanya berawal dari kitab mereka sendiri

  • http://www.facebook.com/reza.pahlevi.9655806 Reza Pahlevi

    waw….ancaman buat seluruh manusia…!!!

  • Nusa Jaya

    ;) MERDEKA!!!

Iklan negatif? Laporkan!
51 queries in 1,324 seconds.