Home / Berita / Internasional / Asia / Indonesia Harap Penyelesaian Konflik Gaza Berlangsung Damai

Indonesia Harap Penyelesaian Konflik Gaza Berlangsung Damai

Seorang ibu menggendong jasad anaknya yang tewas dalam serangan Israel di Jabaliya, Jalur Gaza, Palestina, Jumat (16/11). (AP/Bernat Armangue/ROL)

dakwatuna.comIndonesia mendorong penyelesaian konflik Palestina Israel lewat negosiasi perdamaian sesuai resolusi PBB. Demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI yang disebar Kamis (22/11).

“Selaras dengan resolusi-resolusi terkait PBB untuk mewujudkan negara Palestina merdeka yang hidup berdampingan secara aman dan damai dengan negara-negara tetangganya,” tulis Kemenlu dalam pernyataan tersebut.

Kemenlu menyatakan sejak kembali berkecamuknya konflik di Jalur Gaza, Palestina, pada Rabu (14/11), Pemerintah RI telah mengambil langkah intensif melalui berbagai forum untuk mendorong penghentian semua aksi militer dan menghindari jatuhnya korban sipil.

“Upaya tersebut termasuk antara lain dilakukan oleh Presiden RI pada KTT ke-21 ASEAN dan KTT terkait lainnya di Phnom Penh, 18-20 November 2012.”

Adapun terkait gencatan senjata yang disepakati Rabu (21/11) pukul 21.00 waktu Kairo, Mesir atau pukul 02.00 dini hari tadi WIB, Indonesia menyambutnya dengan baik.

Walau begitu, kesepakatan itu terancam gagal. Pasalnya, saat perundingan kesepakatan berjalan, sebuah drone Israel mengirimkan roket ke Deir al-Balah dan Sheikh Radwan, Gaza.

Di masing-masing wilayah tewas satu korban sipil. Aksi serangan roket militer Israel (IDF) kembali terjadi setelah gencatan senjata diumumkan, dan dibalas serangan roket militan Hamas. (Reuters/Kid/OL-11/MICOM)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Logo PPMI Pakistan. (ppmipakistan.org)

Pernyataan Sikap PPMI Pakistan Terkait “Aksi Damai 212”