Home / Berita / Internasional / Asia / Mufti Rusia: Negara Kami Bukan Musuh Islam

Mufti Rusia: Negara Kami Bukan Musuh Islam

Mufti besar Rusia, Ravil Gainutdin. (ROL)

dakwatuna.com – Istanbul. Mufti besar Rusia, Ravil Gainutdin membantah tuduhan bahwa Rusia adalah musuh nomor satu Islam dan muslim. Bantahan itu disampaikannya setelah ulama Mesir Sheikh Yusuf Al-Qaradhawi menyatakan Rusia mendukung rezim Presiden Suriah, Bhasar Al-Asshad.

“Rusia telah membuat langkah-langkah konstruktif untuk melindungi kebebasan beragama,” kata dia saat berbicara depan anggota Dewan Islam Eurasia, seperti dikutip rt.com, Rabu (21/11).

Langkah konstruktif itu, menurut Gainutdin, dibuktikan dengan kebangkitan Islam di Rusia selama dua dekade terakhir. Gainutdin menambahkan organisasi-organisasi Islam di Rusia mendapat dukungan negara guna menyelenggarakan pendidikan Islam dan lainnya.

Puluhan masjid, madrasah, Islamic Center dan Universitas telah dibangun. Jadi, sulit untuk mengatakan Rusia memusuhi umat Islam. “Sekalipun ada masalah itu merupakan bagian dari dinamika kehidupan demokrasi di Rusia,” kata dia.

Sebelumnya, Qardhawi mengkritik Moskow yang mendukung rezim Assad. “Rusia telah menjadi musuh pertama Islam karena berdiri melawan rakyat Suriah,” kata dia.

Menurut Qardhawi, dukungan Rusia telah menyebabkan puluhan ribu rakyat Suriah tewas. “Lebih dari 30 ribu warga Suriah tewas oleh senjata yang dipasok Rusia. Karena itu, negara-negara Arab perlu memboikot secara ekonomi dan politik Moskow dan Iran yang mendukung rezim Suriah,” sebut Presiden Uni Internasional untuk Cendikiawan Muslim (IUMS) itu. (Yudha Manggala P Putra/Agung Sasongko/Rt.com/ROL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 9,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Protes terhadap sikap rasis Trump. (aljazeera)

Kemenangan Trump dan Pengaruhnya Terhadap Mesir