Home / Berita / Internasional / Asia / Roket Palestina Kini Bisa Capai Tel Aviv

Roket Palestina Kini Bisa Capai Tel Aviv

Roket ditembakkan militer Palestina dari wilayah utara jalur Gaza menuju Selatan Israel, Kamis (15/11/2012). (EPA /LANDOVwbur.org)

dakwatuna.comGaza. Para pejuang Palestina telah berhasil meningkatkan kualitas dan kuantitas roket-roket yang mereka gunakan menyerang Israel, khususnya dalam konflik di Jalur Gaza dalam sepekan terakhir.

“Para pejuang Palestina menjanjikan kejutan bagi Israel jika mereka terus ngotot menyerang Gaza,” kata koresponden Kantor Berita Mi’raj (MINA) di Gaza, Senin (19/11) malam, merujuk kepada kemampuan para pejuang Palestina di Gaza dalam membuat dan menggunakan roket-roket buatan mereka menyerang Israel.

Kualitas roket yang ditembakkan pejuang Palestina dapat dilihat kemampuan menjatuhkan dua pesawat mata-mata tanpa awak, jet tempur canggih jenis F-16, dan helikopter tempur Apache milik Israel dalam sepekan terakhir.

Roket-roket tersebut mereka namai GRAD, M-75, M-107, Cornait dan Fajar 5 berjarak tempuh 80 km yang digunakan menyerang Tel Aviv.

Jarak jangkauan yang sudah bisa mencapai Tel Aviv, ibu kota Israel, membuat sirine bahaya di kota tersebut menyala setelah 20 tahun tidak pernah menyala karena serangan dari Gaza. Juga bisa digunakan untuk menyerang kapal-kapal AL Israel di Laut Gaza.

Para Pejuang Palestina saat ini juga bertambah mahir dalam menyembunyikan roket-roket yang siap tembak tersebut. Mereka menyimpan roket dengan penuh seksama untuk bisa ditembakkan langsung ke pihak musuh tanpa bisa dilacak oleh radar Israel.

Dengan kemajuan besar ini, Israel mengalami kesulitan dalam melacak posisi penempatan roket-roket tersebut sehingga kerap menembaki lahan lahan kosong yang mereka perkirakan sebagai lokasi penyimpanan roket.

Sayap militer Hamas, Brigade Izzuddin Al-Qassam telah menyatakan mereka menembakkan sedikitnya 1.000 roket berbagai jenis ke berbagai sasaran di Israel. Sejumlah 192 di antaranya pada Senin (19/11). (Ant/OL-11/mICOM)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (5 votes, average: 7,60 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Peringati Hari Solidaritas Palestina, ASPAC for Palestine Gandeng UIA Gelar Stadium General