Home / Berita / Internasional / Asia / Turki: Israel Negara Teroris!

Turki: Israel Negara Teroris!

PM Turki Recep Tayyip Erdogan. (inet)

dakwatuna.com – Istanbul. Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan menggambarkan Israel sebagai negara teroris terkait pembomannya ke Jalur Gaza.

Komentar Erdogan tersebut dikeluarkan, Senin (19/11), setelah hampir satu pekan serangan roket Palestina ke Israel dan serangan udara Israel ke Jalur Gaza. Serangan rudal Israel pada Minggu lalu menewaskan sedikitnya 11 warga sipil Palestina, termasuk empat anak kecil di Jalur Gaza.

“Mereka yang mengaitkan Islam dengan terorisme menutup mata mereka dalam menghadapi pembunuhan massal umat Muslim, memalingkan kepala mereka dari pembantaian anak-anak di Jalur Gaza,” kata Erdogan dalam konferensi Dewan Islam Eropa-Asia di Istanbul, Turki.

“Untuk alasan ini, saya mengatakan bahwa Israel adalah negara teroris, dan tindakannya adalah tindakan teroris,” kata Erdogan.

Hubungan antara Israel dan Turki, yang pernah menjadi satu-satunya sekutu Muslim bagi Israel, hancur setelah marinir Israel menyerbu kapal bantuan pada 2010 untuk memberlakukan blokade laut atas Jalur Gaza, yang dikuasai HAMAS.

Sembilan warga negara Turki tewas dalam bentrokan personel komando Israel dengan pegiat di kapal tersebut.

Ankara mengusir duta besar Israel dan membekukan kerja sama militer setelah satu laporan PBB mengenai peritiwa itu dikeluarkan pada September tahun lalu. Sebagian besar isi laporan tersebut membebaskan negara Yahudi.

Awal November, Turki menggelar pengadilan tanpa kehadiran terdakwa atas empat mantan komandan militer Israel berkaitan dengan serbuan 2010.

Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu dijadwalkan berkunjung ke Jalur Gaza pada Selasa (20/11), bersama sekelompok menteri asing dari Liga Arab. (Ant/Ol-3/MICOM)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (13 votes, average: 9,08 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Stadium general di aula Universitas Islam As-Syafiiyah. (aspacpalestine.com)

Peringati Hari Solidaritas Palestina, ASPAC for Palestine Gandeng UIA Gelar Stadium General

Organization