Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Jus Untuk Tubuh dan Juz Untuk Ruhiyah Kita

Jus Untuk Tubuh dan Juz Untuk Ruhiyah Kita

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com Hidup sehat, sembuh dari semua penyakit, bersemangat dalam setiap kegiatan dan sukses dunia akhirat menjadi tujuan. Mencoba menerapkan semua yang didapatkan untuk mendapati apa yang diinginkan. Semua tujuan untuk dapat menikmati hidup agar lebih hidup.

Tapi semua akan ada hasilnya, ada maknanya bila metode yang dipakai sesuai dengan bagaimana Rasulullah SAW hidup. Semua berpangkal kepada, dari dan untuk Allah. Kesehatan yang mampu memberikan hanya Allah. Selalu meluruskan niat untuk mendapatkan setiap tujuan, karena pemegang ‘remote’ adalah Allah.

Lagi trend saat ini nge-raw juice. Menaturalkan makanan yang kita konsumsi, dan dijadikan jus agar mudah dikonsumsi oleh tubuh kita. Memang segar, dan lebih nyaman terasa badan ini. Tapi mungkin lebih ‘seger’ saat mampu dipadukan dengan apa yang selalu di gunakan oleh insan pilihan-Nya dalam menjaga kesehatan jasmani dan ruhaninya yaitu dengan puasa, shalat malam dan ibadah lainnya.

Tubuh kita memang bagus mendapatkan jus tapi akan lebih ‘SAKTI’ lagi kalau kita konsumsi Juz untuk ruhiyah kita. Kalau kita semangat nge-jus 3x sehari maka ruhiyah kita juga perlu minimal 1 juz per hari bahkan 3 juz atau lebih. Dengan begitu akan kita rasakan artinya sehat yang sebenarnya, sehat jasmani dan ruhani kita. Agar ruh kita dekat dengan Allah, maka Allah akan menuntun hati dan diri kita untuk menyelesaikan setiap masalah kita.

Hidup bersama Al Qur’an semuanya akan indah tertata, ada surat cinta yang selalu buat hati kita bergetar dan basah karena cinta-Nya. Al Qur’an menjadi pedoman hidup, menjadi kamus bahasa yang mampu dibaca dan dimengerti siapa saja. Nikmat-Nya akan selalu terasa saat kita selalu berdekatan dengan-Nya.

Saat kita semangat untuk memberikan yang terbaik pada tubuh kita, maka kita juga harus semangat memberi yang terbaik untuk ruhiyah kita. Biar seimbang, dan lebih kelihatan hasilnya. Dari puasa banyak sekali yang akan kita peroleh, keajaiban puasa bagi tubuh kita.

Puasa akan mengurangi atau menghentikan sementara proses-proses fisiologis atau metabolisme di dalam tubuh kita, khususnya di saluran pencernaan.  Penghentian proses metabolisme itu membawa empat rangkaian proses yang berdampak besar pada kesehatan

– Pertama membatasi jumlah makanan yang masuk dalam saluran pencernaan

– Kedua, ia telah menurunkan intensitas kerja sistem pencernaan kita

– Ketiga, dengan turunnya intensitas kerja itu, turun pula kemungkinan adanya racun dari dalam tubuh, baik endotoksin (racun dari dalam tubuh sendiri) maupun eksotoksin (racun dari luar tubuh). Berkurangnya bahan yang harus dicerna juga akan membuat tubuh kita tidak memaksakan diri untuk mengeluarkan hormon dan enzim pencernaan secara besar-besaran

– Keempat, puasa ternyata ampuh melindungi dinding sel.  Dinding sel bisa dipertahankan karena radikal bebasnya tidak ada atau dikurangi (karena puasa), maka orang menjadi awet muda

– Ketua Centre for Neuroscience, Health, and Spirituality (C-NET) Doktor Taufiq Pasiak mengatakan bahwa puasa menjadi latihan mental yang berkaitan dengan sifat otak, yakni neuroplastisitas. “Sel-sel otak dapat mengalami regenerasi dan membentuk hubungan struktural yang baru, salah satunya karena latihan mental yang terus-menerus,” kata Taufik.

– Apabila seseorang melakukan perbuatan baik secara terus-menerus, struktur otaknya akan berubah. Waktu yang dibutuhkan untuk mengubah sel saraf itu minimal 21 hari. Menurut Taufik, puasa adalah latihan mental yang menggunakan perantara latihan menahan kebutuhan fisik (makan, minum, seks).

Ada tiga manfaat penting puasa bagi jantung:

  • Puasa melawan tekanan-tekanan yang selalu mendera jantung.
  • Puasa memberikan kesempatan bagi jantung untuk beristirahat
  • Puasa dapat mensterilkan darah. Dengan demikian, puasa memberikan kesempatan pada jantung untuk mengkonsumsi darah bersih.

– Puasa bermanfaat membuat kulit lebih segar, lebih kuat, lebih berseri, dan warna menjadi lebih indah. Dr. Muhammad Al-Dzawahiri, seorang guru besar bidang penyakit kulit di Fakultas Kedokteran Universitas Kairo, menyatakan, “Korelasi antara makanan dengan penyakit-penyakit kulit itu sangat kuat. Sebab, menjaga diri dari makanan dan minuman dalam kurun waktu tertentu dapat mengurangi kadar air dalam tubuh dan darah.
Hal ini dengan sendirinya menyebabkan pengurangan air dalam kulit. Ketika kadar air dalam kulit menurun itulah terjadi pula peningkatan kekebalan kulit terhadap segala jenis penyakit kulit yang menyiksa dan gangguan kulit akibat bakteri.

– Berkurangnya kadar air dalam kulit juga dapat menurunkan stadium penyakit kulit yang meradang, akut, dan menyebar di sebagian besar tubuh.

Subhanallah…sangat indahnya apa yang telah dianjurkan oleh Allah untuk kita. Dan banyak sekali keajaiban dari setiap ibadah yang kita lakukan. Maka dari itu mendekat kepada Allah akan menyehatkan jasad dan ruhiyah kita.

Keajaiban shalat malam bagi yang rajin melakukannya, bukan hanya mampu membantunya dalam menyelesaikan masalahnya tapi juga mampu memberikan kesehatan jasmani dan ruhani kepada diri yang melakukannya. Banyak contoh-contoh yang sering kita baca dan dengar, kesehatan para insan pilihan-Nya mereka sedikit tidurnya dan banyak tugasnya tetapi mereka mampu memberikan yang terbaik untuk Allah dan sesama. Insya Allah semua penyakit akan disembuhkan, tubuh akan disehatkan, rizki dan lain-lainnya akan didapatkan. Berarti semakin dekat dengan Allah dan membuat pola hidup sehat insya Allah lebih SEHAT dan diberkahi-Nya. Silakan dikaji dan digali dari setiap ibadah yang kita lakukan untuk Allah.

“…Barang siapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan jalan keluar dari setiap kesulitannya.dan memberinya rezeki dari tempat yang tidak disangka-sangkanya.dan barang siapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan segala keperluannya. Dan Allah melaksanakan urusan yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah telah membuat ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu” (QS. Ath Thalaq: 2-3)

Terima kasih tak terkira kepada Allah yang telah memberikan kesehatan… Alhamdulillah, mengambil pelajaran dari setiap kejadian. Semoga manfaat bagi yang lain.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Choiriyah
Nama lengkap Choiriyah, lahir dan besar di kota Malang-Jawa Timur, domisili di Batam. Mulai ikut dunia tulis-menulis sejak duduk di bangku SMA, dan menang juara II Karya Ilmiah Remaja di Malang. Saat bekerja di perindustrian Batam, ikut aktif dalam pembuatan buletin dan berita perusahaan se-Asia. Mulai tahun 2011-2014 aktif di FLP Johor. Sekarang Aktif dalam FLP Batam. Semoga dapat lebih banyak berkarya untuk dakwah bil Qolam.

Lihat Juga

Ilustrasi (inet)

Wahai Ikhwah, Hidupkan Halaqahmu…