Home / Berita / Internasional / Asia / Mursi Coret Israel Pada Naskah Pidato Sidang Umum PBB Lalu

Mursi Coret Israel Pada Naskah Pidato Sidang Umum PBB Lalu

Presiden Mesir Muhammad Mursi. (Getty Images)

dakwatuna.com – Ternyata Presiden Muhamad Mursi menghilangkan dua item menyangkut Israel dalam naskah pidato yang dipersiapan untuk Sidang Umum PBB pada 26 September lalu. Dua topik itu tersebut terkait referensi positif perdamaian dengan Israel.

Pidato Mursi, seperti yang disiapkan dan disebarkan oleh delegasi Mesir, pada 26 Sepetember lalu, menurut temuan JTA sepeti yang dilansir Jewish Journal, Rabu (31/10) seharusnya memasukkan dukungan terhadap inisiatif Saudi mengenai rencana Arab, yakni perubahan pengakuan pan-Arab yang dulu mengakui Israel harus kembali seperti garis perbatasan 1967 dan solusi terhadap pengungsi  palestina.

Dalam pidato itu seharusnya juga terdapat pernyataan berupa komitmen kembali ke perjanjian internasional Mesir sebelumnya yang menyertakan kesepakatan damai 1979 dengan Isrel.

Morsi menghapus dua elemen tadi dalam pidato yang disampaikan. Alih-alih ia mendukung negara Palestina merdeka tanpa menjelaskan apakah visinya akan mengakomodasi Israel.

Perbedaan itu muncul dalam analisa dan temuan JTA Pekan ini, dan pidato Morsi yang disampaikan di Yom Kippur, tidak menarik banyak perhatian Yahudi.

Mursi, pemimpin Ikhwanul Muslimin yang memenangkan kursi kepresidenan pada Juni, telah membuat sikat dengan tidak menyebut Israel dalam pengumuman publiknya.

Ia juga pernah mengundang kritik dari kaum Yahudi pada pertengahan Oktober lalu ketika mengucapkan ‘amin’ dan mengangguk ketka Imam yang memimpin doa meminta Tuhan untuk ‘menangani lebih keras’ kaum Yahudi. (Ajeng Ritzki Pitakasari/ROL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (24 votes, average: 9,88 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Stadium general di aula Universitas Islam As-Syafiiyah. (aspacpalestine.com)

Peringati Hari Solidaritas Palestina, ASPAC for Palestine Gandeng UIA Gelar Stadium General

Organization