Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Arab Saudi Akan Bangun Islamic Centre di Afganistan

Arab Saudi Akan Bangun Islamic Centre di Afganistan

Raja Abdullah bin Abdul Aziz al-Saud. (AP/Hassan Ammar)

dakwatuna.com – Kabul. Kerajaan Arab Saudi akan membangun sebuah Islamic Centre di ibu kota Kabul, Afganistan, senilai US$ 100 juta atau sekitar Rp 960 miliar.

“Pusat pengembangan Islam ini akan dilengkapi dengan sebuah universitas dan masjid,” kata seorang menteri Afganistan, Senin, 29 Oktober 2012, seraya menyebut bahwa proyek pembangunan ini sebagai “sesuatu yang agung dan unik.”

Dayi-Ul Haq Abed, Menteri Urusan Agama dan Haji, dalam keterangannya kepada kantor berita AFP mengatakan, “Anggaran sebesar itu untuk pembangunan pusat peradaban Islam di puncak bukit di Kabul tengah disertai bangunan asrama bertingkat yang sanggup menampung 5.000 mahasiswa.”

Dia menambahkan, bangunan ini kelak akan diberi nama Penguasa Dua Masjid Suci Raja Abdullah. “Persetujuan bantuan itu telah diteken di Jedah pekan lalu. Pembangunannya akan dimulai tahun depan, yang akan berlangsung dalam beberapa bulan atau lebih,” ujarnya.

Masjid yang akan dibangun arsitekturnya mirip dengan Masjid Faisal di ibu kota Pakistan, Islamabad, yang juga dibangun oleh Kerajaan Arab Saudi pada 1980-an, berkapasitas 15 ribu jemaah.

Menteri mengatakan, pusat peradaban Islam ini akan dikelola bersama antara Kementerian Urusan Agama Arab Saudi dan Afghanistan. Sedangkan univeritas lainnya di Afghanistan akan dikelola oleh Kementerian Pendidikan Tinggi. (Arab News/Choirul/TI)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Rekonsiliasi Tidak Gratis, Israel Jamin Keamanan Arab Terhadap Ancaman Iran

Figure
Organization