Home / Berita / Nasional / IPNU-IPPNU Akan Gelar Kongres Di Sumsel Akhir November

IPNU-IPPNU Akan Gelar Kongres Di Sumsel Akhir November

Ilustrasi – Logo IPNU-IPPNU. (nu.or.id)

dakwatuna.comIkatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) akan menyelenggarakan kongres di Asrama Haji Palembang, Sumatera Selatan, pada 30 November – 4 Desember 2012 mendatang. Kongres mengangkat tema pendidikan untuk kemandirian bangsa, dan sekaligus memilih Ketua IPNU periode 2012-2015.

“Kongres sengaja mengangkat tema “Pendidikan Untuk Semua Menuju Kemandirian Bangsa”,” kata Ketua Kongres XVII IPNU, Nurudin, di Jakarta, Senin (29/10).

Dilandasi tema tersebut, kata Nurudin, Kongres akan menggelar acara antara lain seminar, Jambore Pelajar-Santri Nusantara dan Apel Akbar CBP IPNU se-Indonesia, Pengajian “Islam Itu Indah” bersama KH Hasyim Muzadi dan Ust M Nur Maulana. “Selain itu juga diundang Presiden dan Wakil Presiden RI, Menteri Pendidikan Singapura, Isywaran,” ungkap Nurudin.

Dijelaskannya, Kongres IPNU dan IPPNU menjadi penyampai pesan bahwa pendidikan di Tanah Air yang masih memprihatinkan dan butuh perhatian yang lebih serius.

“Problem pendidikan dan pelajar seperti fenomena kekerasan pelajar, pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba menjadi sisi lain tak terpisahkan dari ironi pendidikan nasional kita. Kami berharap Kongres IPNU ini juga menghasilkan rekomendasi mendorong pemerintah menyelesaikan persoalan tersebut,” tegas Nurudin.

Perihal keterpurukan pendidikan saat ini lanjut Nurudin, tampak dari laporan United Nation Development Program (UNDP) tentang indek pembangunan manusia (Human Development Index/HDI) tahun 2011 memosisikan Indonesia pada peringkat ke 124 dari 187 negara.

“Posisi tersebut merosot dari posisi sebelumnya di peringkat 108 pada tahun 2010. Dibandingkan beberapa negara tetangga di ASEAN, Indonesia masih sangat jauh ketinggalan,” tegasnya. (fas/jpnn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Pemilu Turki. (dw.com)

Perbandingan Perolehan Suara Pemilu Juli dan November, AKP Naik Pesat