Home / Berita / Silaturahim / Qurban PIP PKS Selangor: “Gerakan Indonesia Memberi”

Qurban PIP PKS Selangor: “Gerakan Indonesia Memberi”

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Proses Memotong dan Menimbang. (Dok. PIP PKS Selangor)

dakwatuna.com “Dan telah Kami jadikan unta-unta itu untuk kalian sebagai bagian dari syiar Allah, yang kalian memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah oleh kalian nama Allah ketika kalian menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian, apabila (unta-unta itu) telah roboh (mati), makanlah sebagiannya serta beri makanlah orang yang rela dengan sesuatu yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami telah menundukkan unta-unta itu untuk kalian, mudah-mudahan kalian Allah, tetapi ketakwaan dari kalianlah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kalian supaya kalian mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kalian. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Hajj: 36-37)

Maha Suci Allah yang telah menundukkan hewan-hewan qurban itu untuk kita makan sebagiannya dan disedekahkan. Pengorbanan ini sebagai bentuk kesyukuran dan keikhlasan kita kepada Allah Ta’ala sekaligus sebagai bentuk ketundukan, ketaqwaan kita kepada perintah-NYA tanpa tebang pilih.

Idul Qurban kembali hadir di tengah kita. Ritual ibadah tahunan yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim A.S.  dan Nabi Ismail A.S. kembali diamalkan oleh kader-kader PIP-PKS Selangor, Malaysia tahun ini. Dana qurban yang diperoleh dari kader-kader PKS melalui PIP PKS Selangor mampu menyumbangkan dua ekor sapi dan tiga ekor kambing.

Lokasi penyembelihan yang dipilih tahun ini adalah Surau Nur Al-Ehsan, Taman Sri Intan Kajang, Seksyen 7, Bandar Baru Bangi. Awal pagi yang sangat cerah dan hangat telah membuka semangat para kader ikhwan untuk memeriahkan dan mensukseskan acara penyembelihan qurban. Para ummahat dan akhwat pun tidak kalah bersemangat untuk menyiapkan hidangan dan resepsi makan siang.

Proses penyembelihan dimulai tepat pukul 8 pagi pada hari Sabtu 27 Otober 2012 atau bertepatan dengan Hari Tasyrik kedua, 11 Zulhijjah 1433 H. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, PIP PKS Selangor kali ini bekerja sama dengan masyarakat setempat.

Hadir di tengah-tengah kader, ketua DPD Selangor, Chozin Nachrawi, S.T. Dalam kesempatan terpisah beliau mengingatkan bahwa acara qurban PIP Selangor adalah acara rutin Selangor untuk menerima dan mendistribusikan ibadah qurban para kader di Malaysia, khususnya di Selangor. Dari hasil sembelihan ini, Alhamdulillaah 70% dibagikan kepada TKI kilang (pabrik) di Bangi, Puchong, Semenyih dan Nilai serta 30% dibagikan kepada kader dan jiran Malaysia. Beliau juga berharap melalui acara ini terjalin ukhuwah di antara para pendukung dan kader PKS. Di waktu yang sama, acara ini dapat mengobati rasa kangen terhadap kegiatan qurban di Indonesia.

Kegiatan memotong dan memasukkan daging ke dalam kantong terus berlanjut dan berkahir tepat saat adzan Dzhuhur berkumandang. Kantong-kantong oranye berisi daging qurban sudah siap ditempeli stiker PIP PKS Selangor.

Tema menarik yang disuguhkan oleh PIP PKS Selangor pada Hari Raya Qurban tahun ini adalah “Gerakan Indonesia Memberi”.  Ini memiliki pengertian bahwa PIP PKS Selangor ingin memberi kebahagiaan di hari Qurban dengan membagikan daging-daging qurban kepada semua kader, simpatisan, masyarakat Indonesia dan jiran setempat.

Sebagai aktualisasi tema qurban tersebut, para kader akhwat dan ummahat turut serta membuktikan kesungguhannya dalam memberikan perhatian dan pelayanan kepada simpatisan dan masyarakat Indonesia yaitu melalui acara gotong royong menyiapkan hidangan makan siang. Sungguh sebuah pemandangan yang indah ketika melihat kader dan simpatisan berjamaah menyiapkan berbagai jenis masakan khas Idul Qurban ala PIP PKS Selangor seperti  sate dan gulai kambing, rendang, lemang, urap, bistik daging, acar, buah dan berbagai pelengkap lainnya yang sangat sesuai dengan cita rasa Indonesia.

Semoga Allah Ta’ala selalu membantu kami untuk terus komitmen dan bertanggung jawab dalam memberi dan melayani masyarakat Indonesia yang berada di Malaysia. Aaamiin.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (5 votes, average: 8,40 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Lestari Arbian
Menemani suami yang sedang bertugas menjadi dosen di Universiti Kebangsaan Malaysia, Fakultas Teknik. Kegiatan lain adalah menyambung belajar dan membina.

Lihat Juga

Rohingya

DPR Desak Pemerintah Indonesia Bersikap Tegas atas Insiden Kekerasan di Rohingya

Organization