Home / Berita / Nasional / Wamenag: Umat Islam Harus Bisa Kuasai Media

Wamenag: Umat Islam Harus Bisa Kuasai Media

Wakil Menteri Agama, Nasaruddin Umar. (Adhi W/ROL)

dakwatuna.com – Tangerang Selatan. Di tengah maraknya media yang bermunculan di Indonesia, Wakil Menteri Kementrian Agama (Kemenag), Nasaruddin Umar, mengingatkan agar umat Islam tidak hanya menjadi konsumsi media.

“Umat islam perlu menjadi subjek media, tidak hanya menjadi konsumsi media. Karena itu umat Islam harus bisa menguasai media,” kata Nasaruddin, Selasa (23/10). Nazaruddin mengatakan jumlah umat Islam yang mayoritas menjadi potensi umat Islam untuk menjadi subjek media.

“Kemunculan program-program keislaman melalui media yang dilakukan oleh umat Islam merupakan contoh bagaimana umat Islam memainkan peranan dalam industri media di tanah air sebagai subjek media,” kata Nazaruddin.

Lebih lanjut Nazaruddin mengatakan terdapat perbedaan antara jurnalisme Islam dengan jurnalisme Islami. Menurut dia, jurnalisme Islami lebih merujuk pada sifat atau sikap, sedangkan kata islam pada jurnalisme Islam cenderung pada formalitas golongan.

Nazaruddin juga menambahkan terdapat persamaan antara nilai-nilai Islam dengan jurnalisme. “Di Al-Quran ada surat Annaba yang berarti berita. Karena filosofi itulah, sebuah koran di Mesir diberi nama Al-Anba yang merupakan bentuk jama’ dari Annaba. Hal tersebut salah satu contoh adanya keterkaitan antara islam dengan jurnalisme,” tutur Nazaruddin. (Fernan Rahadi/Fenny Melisa/ROL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Muslim membagi-bagikan Al-Quran di Eropa. (islammemo.cc)

Austria Larang Pembagian Al-Quran