Home / Berita / Internasional / Asia / Mesir Apresiasi Pengakuan Thailand atas Palestina

Mesir Apresiasi Pengakuan Thailand atas Palestina

Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Kairo. Mesir menyampaikan apresiasinya kepada Thailand atas pengakuannya terhadap kedaulatan negara Palestina.

Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Mesir, Mohamed Kamal Amr ketika menerima sejawatnya, Menteri Luar Negeri Thailand Surapong Tovichakchaikul yang saat ini melakukan kunjungan resmi ke negara Piramida itu.

Menlu Amr menjelaskan, pernyataan pengakuan oleh Thailand itu diikuti dengan penandatanganan perjanjian hubungan diplomatik kedua negara pada Agustus lalu.

Sementara itu, Menlu Surapong menegaskan negaranya mendukung rakyat Palestina untuk menentukan nasibnya sendiri dengan perwujudan negara Palestina berdaulat sesuai dengan garis perbatasan 1967.

Selain itu, katanya, Thailand juga menyeponsori inisiatif ASEAN untuk memberi dukungan nyata berupa pemberdayaan Palestina di bidang pendidikan dan pertanian.

Kunjungan Menlu Thailand ke Mesir tersebut dimaksudkan untuk memperkuat hubungan bilateral terkait dengan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Menlu Surapang pada Senin (22/10) melakukan kunjungan muhibah ke Syeikh Agung Al Azhar, Prof Dr Ahmed Al Tayeb, seusai menghadiri wisuda mahasiswa Thailand di Universitas Al Azhar.

“Kunjungan muhibah saya dengan Syeikh Agung untuk menyampaikan apresiasi atas didikan Al Azhar terhadap mahasiswa Thailand,” katanya.

Menlu menambahkan pihaknya telah menyampaikan undangan kepada Syeikh Agung untuk berkunjung ke Thailand, dan beliau menerima undangan itu.

Tercatat sekitar 1.400 mahasiswa Thailand, umumnya mahasiswa asal patani di wilayah selatan Thailand, menuntut ilmu di universitas Islam tertua di dunia tersebut.

Sebelumnya, pemerintah Thailand melalui kedutaan besarnya di Kairo menyampaikan bantuan pembangunan asrama Al Azhar untuk mahasiswa asing. (Yudha Manggala P Putra/Antara/ROL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Alquran Mempengaruhi Semua Makhluk